SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama PT Freeport Indonesia (PTFI), menggelar perayaan puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 di Gedung Eme Neme Yauware, Timika.

Perayaan puncak ini diisi dengan berbagai kegiatan, mulai dari pentas seni berbagai macam suku hingga penyanyi lokal dan nasional, yang digelar dari 5-7 Juli 2024.Selain itu, perayaan ini juga diwarnai dengan pelaku usaha UMKM dari berbagai macam komoditi, mulai dari kuliner hingga menjual baju dan noken khas Papua.

Nicolas, yang merupakan penjual pernak-pernik khas Papua mengungkapkan, perayaan seperti ini sangat berdampak positif bagi usahanya yang baru ia rintis selama 2 tahun. Pasalnya, selama 3 hari berjualan ia telah mendisplay barang dagangannya dua kali.

“3 haru jualan saya sudah 2 kali isi barang, yang hari pertama itu yang ramai, jadi noken-noken laku,” ujarnya, Minggu (7/7/2024).

Saat tidak ada kegiatan seperti ini, ia berjualan melalui online, dan menjajakan dagangannya di kompleks rumahnya yang berada di SP 2.

“Saya sangat berterimakasih dengan pihak Pemkab Mimika dan PTFI yang memberikan peluang kepada kami,” ungkapnya.

Sama halnya Yuli, yang membuka stand makanan dari perwakilan Bhayangkari menjelaskan, banyak makanan yang dijual di standnya, mulai dari nasi bakar, kue hingga asinan, pasalnya berjualan seperti ini membuat UMKM hidup.

“Yah kalau ada kegiatan begini bagus, karena kami di siapkan standnya, jadi kami tinggal mengisi. Awalnya kita daftar dulu di Panitia,” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan atau event-event seperti inilah yang ditunggu oleh UMKM, sehingga UMKM di Mimika bisa terus berkembang.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi