SALAM PAPUA (KENYAM)- Didukung Oleh 8 Parpol, Pasangan Dinar Kelnea-Yoas Beon terdaftar resmi di KPU Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan, Kamis (29/8/2024). Dengan mengusung Visi " Bersatu Untuk Perubahan dan Keadilan" di Nduga, Dinar Kelnea dan Yoas Beon terus menunjukkan komitmen mereka dalam membangun daerah dan masyarakat di daerah, yang selama ini dikenal penuh konflik dan peperangan tersebut.

Aksi nyata pun terus dilakukan pasangan Dinar Kelnea-Yoas Beon. Bahkan, sebelum mendaftar di KPU Kabupaten Nduga, kedua tokoh muda tersebut sudah berhasil mempertemukan dan mendamaikan para pihak, yang kurang lebih delapan bulan terakhir terlibat dalam perang saudara.

Pasangan Dinar Kelnea-Yos Beon didukung 8 Partai Politik, yakni Demokrat, NasDem, PPP, PAN, Ummat, PBB, Buruh dan PKN itu, diterima langsung ketua KPU Nduga dan jajaran.

Dinar Kelnea yang didampingi Yoas Beon, saat berbicara kepada media, Kamis (29/08/2024) sebelum menuju kantor KPU Nduga guna mendaftar secara resmi sebagai calon bupati dan wakil Bupati daerah dengan ibukota di Kenyam itu menegaskan, siap mewujudkan visi dan misi yang terpapar dalam tema koalisi mereka yakni “Bersatu untuk perubahan dan Keadilan”.

“Kemarin datang dengan tim di Tanah Ndugama membawa perubahan dan damai sejahtera yang selama ini masyarakat inginkan. Kami menginjak Tanah Ndugama hari ini sampai Pilkada berlangsung dan siapapun pemenangnya adalah anak Ndugama. Tetapi damai dan sejahtera ini harus terjadi. Itu saya sampaikan tegas karena melihat konflik antara keluarga masyarakat. Hari ini proses itu hasilnya adalah hasil doa rakyat Nduga, maka kami mendapat dukungan delapan parpol. Kami sekarang datang untuk membangun negeri ini,” tutur Dinar Kelnea.

Dinar menegaskan, kondisi Nduga bahwa masih ada kelompok tertentu yang tidak mau keadilan dan memnbangun Nduga yang sejahtera. Tetapi, hanya kepentingan sesaat dengan memperalat masyarakat Nduga yang tidak tahu apa-apa. Lalu kepentingan politik juga ada didalamnya.

“Kehadiran kami pasangan Dinar Kelnea-Yoas Beon akan mengubah Nduga. Hari ini saya tegas sampaikan bahwa rakyat Nduga tidak akan lagi terpengaruh dengan kepentingan sesaat seperti itu. Hari ini terakhir sesuai dengan agenda nasional KPU RI 27-29 Agustus, maka kami siap mendaftar sesuai kesepakatan tim. Kami optimis KPU Nduga sebagai penyelenggara independent, akan menerima semua anak Nduga yang mau bersaing secara sehat dan berwibawa untuk membangun Ndugama,” jelas Dinar Kelnea.

Senada Calon Wakil Bupati Nduga, Yos Beon yang menambahkan, tema koalisi “Bersatu Untuk Perubahan dan Keadilan, tidak hanya bicara kata dan di media tetapi akan mewujudnyatakan dalam tindakan di lapangan.

“Tanpa ada keadilan tidak akan pernah kita jumpai kedamaian, kebenaran, kesetaraan, pembangunan, kesejahteraan dan perubahan itu sendiri. Nduga cukup lama menangis, masyarakat hidup di bawah tekanan hidup yang sangat berat serta tingkat stres yang berat. Oleh karena itu, Ndugama Laidbera sampai Kerepkuri, Silimo sampai Alama perlukan persatuan dalam pikiran, tindakan, dan mengikat tali persaudaraan yang sangat solid demi mengubah cara pandang orang terhadap suku dan Kabupaten Nduga,” ujarnyaa.

“Maka saat ini kami tiba di Kenyam bukan kerja politik tetapi kerja bagaimana untuk bersatu untuk melakukan perubahan dan keadilan dari dirinya sendiri. Kami menciptakan satu ritme, alam, atau cara berpikir oranhg bahwa kita tidak bisa selamanya hidup dalam peperangan. Karena itu pasangan Dinar-Yoas telah mengambil komitmen untuk perubaan sejak hari ini,” terang Yoas Beon.

Kata Yos Beon lagi, hari ini Nduga sudah rusak, masyarakat berada di bawah tekanan yang berat, dan stres tingkat akut. Sehingga, keduanya langsung melakukan tindakan nyata mengubah yang rusak termasuk perang saudara yang hampit delapan Bulan.

“Kami pasangan Dinar-Yos sudah koordinasi dengan keluarga korban dan bersama komitmen akhiri peperangan. Itu poin awal yang kami sudah lakukan. Karena orang Nduga juga ingin perubahan. Karena selama terus ada peperangan maka tidak ada pembangunan, kesejahtearaan dan keadilan di Nduga. Tidak akan pernah kita ketemu kebebasan di Nduga. Maka itu ubah cara bepikir masyarakat, pemerintah dan semua di Ndugama,” tegas Yoas Beon.

Selain rekonsiliasi mendamaikan perang saudara, lanjut Yos, mereka juga menyelesaikan rekonsiliasi masalah dalam kubu partai antar Demokrat dan Nasdem.

“Artinya tidak ada masalah bagi kami dan siap seratus persen daftarkan diri di KPU Nduga. Semua berkat doa masyarakat dan pertolongan dari Tuhan,” tutup Yos Beon.

Ditambahkan, Kabupaten Nduga dan Suku Nduga bisa menjadi teladan, ketika semua siap untuk bersatu dalam membangun daerah Nduga, dan mengutamakan keadilan di atas tanah ini.

“Jikalau kami berubah, pasti Kabupaten Nduga akan berubah,” imbuhnya.

Resmi Mendaftar di KPU Nduga

Pasangan Dinar Kelnea-Yoas Beon yang digadang akan menjadi pemenang Pilkada Nduga, akhirnya secara resmi mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nduga. Dengan diantar ribuan pendukung yang sejak kemarin telah menyambut mereka sejak kedatangan di Bandara Kenyam.

Setelah mengisi buku tamu dan menyerahkan sejumlah berkas dan persyaratan menjadi Calon Bupati dan Wakil Bupati Nduga, pasangan yang relatif paling potensial memimpin kabupaten Nduga itu akhirnya kembali dengan diantar pendukungnya. Jalannya proses pendaftaran berlangsung lancar dan tertib sejak awal hingga usai.

Penulis/Editor: Sianturi