SALAM PAPUA (TIMIKA) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Provinsi Papua Tengah menggelar lomba kompetensi siswa (LKS) SMK tingkat Provinsi Papua Tengah tahun 2024, yang diselenggarakan di Timika, Kabupaten Mimika, tepatnya di hotel Horison Diana, Senin (10/6/2024).

Adapun mata lomba pada LKS ini adalah Kabel Jaringan Komputer Informasi (Information Network Cabling), Teknologi Informasi Sistem Administrasi Jaringan (IT Network System Administration), Teknologi Informasi Piranti Lunak untuk Bisnis (IT Software Solution for Business), Teknologi Desain Grafis (Graphic Design Technology), Teknik Desain Laman (Web Technologies), Pengelasan (Welding), Teknologi Otomotif Mobil (Automobile Technology), Teknik Pemasangan Batu Bata (Bricklaying), Teknik Instalasi Kelistrikan (Electrical Installation), dan Teknik Gambar Bangunan (CAD Building).

Plt Kepala Dispendikbud Provinsi Papua Tengah, Marten Ukago mengatakan bahwa kegiatan LKS ini bertujuan bukan hanya untuk menguji kompetensi siswa secara spesifik tapi juga untuk menimbulkan rasa percaya diri agar dapat mempersiapkan siswa tersebut di dunia kerja.

“Harapannya melalui LKS ini siswa bisa belajar untuk mengembangkan diri dan memiliki kerja sama tim serta kemampuan berkomunikasi dengan baik, agar hasilnya bisa maksimal,” ujarnya.

Marten mengungkapkan, pada LKS kali ini hanya melibatkan dua Kabupaten (Mimika dan Nabire), namun ke depannya akan dilakukan secara serentak untuk delapan Kabupaten.

“Sesuai arahan Pj Gubernur Provinsi Papua bahwa siswa yang menang dalam LKS harus mendapatkan Rp 10 juta per-orang, semoga itu bisa menjadi penyemangat bagi anak-anak kita. Selamat bagi anak-anak yang menang, semoga ini bisa menjadi langkah anak-anak menjadi lebih baik ke depannya dan terus meningkatkan keahliannya,” ungkap Marthen.

Sementara itu, Ricardo Maniani siswa kelas 2 dari SMK Kasih Rafel Teknologi dan Rekayasa Mimika meraih Juara I pada lomba Welding (pengelasan).

Kepala Sekolah SMK Kasih Rafael melalui Kepala Pengembangan Kompetensi Siswa Natalis Fatubun mengatakan, ini merupakan pengalaman pertama bagi SMK Kasih Rafael mengikuti LKS tingkat Provinsi. Meski begitu, siswanya bisa meraih peringkat I LKS se-Provinsi Papua Tengah.

“Ini pengalaman pertama bagi SMK kami, tetapi puji Tuhan siswa kami bisa raih Juara I welding. Sampai berada di titik ini kami sudah melewati beberapa perlombaan di tingkat Kabupaten,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Ricardo Maniani yang meraih juara satu selanjutnya akan diberikan pelatihan khusus untuk bertanding di LKS tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Lampung pada bulan September 2024 mendatang.

Penulis: Evita/Jimmy

Editor: Jimmy