SALAM PAPUA (TIMIKA)- Kaimana adalah salah satu daerah yang berada di Papua Barat. Kaimana ini berdekatan langsung dengan laut. Kaimana adalah sebuah kota tua yang terkenal dengan panorama alamnya yang memikat. Di tempat ini Anda bisa melakukan semua kegiatan berwisata dari bermain air di pantai seperti diving dan snorkeling.

Selain itu, di tempat indah ini Anda juga bisa mandi di pemandian yang airnya dari alam, menjelajah hutan, piknik sampai camping. Semua aktivitas liburan ini dapat Anda lakukan di beberapa lokasi di Kaimana. Jika ingin berkunjung ke daerah ini Anda harus menyiapkan budget yang lumayan.

Kaimana dengan keindahan alamnya tidak hanya di jadikan tempat wisata namun memiliki sebutan Kota Senja yang Indah. Kaimana ini memiliki banyak lokasi wisata yang akan memuat Anda berdecak kagum. Selain tempat wisata hits di Kaimana ini juga Anda dapat menikmati makanan khas daerah yang terkenal.

1. Situs Bersejarah Kerajaan Namatota

Namatota ini adalah sebuah kampung kecil yang menyimpan situs bersejarah. Di daerah ini terdapat barang peninggalan bersejarah dari zaman kerajaan dan peninggalan zaman Belanda. Di tempat ini juga terdapat sebuah makan raja yang pernah berkuasa di Kaimana.

Kerajaan Namatota yang ada di Kaimana ini, dahulu disebut dengan nama Kerajaan Kowial. Dimana kerajaan Kowial ini adalah, kerajaan Islam pertama di Papua.

Rumah adat Kerajaan Namatota ini, kini dijadikan sebagai bangunan tempat menyimpan aksesoris dan barang-barang antik peninggalan raja. Tempat ini ditata dan dirawat dengan baik dan rapi, tentunya dengan tanpa menghilangkan warisan budaya dari situs bersejarah ini.

2. Lukisan Dinding Batu

Menurut beberapa pendapat dari masyarakat setempat, lukisan yang berada di dinding batu ini sudah ada dari zaman prasejarah dahulu kala. Di dinding ini terdapat banyak jenis lukisan yaitu seperti lukisan telapak tangan, gambar bunga dan ada juga lukisan ikan dan kapak.

Lukisan ini juga menggambarkan beberapa kisah yang belum dapat diartikan maknanya. Lukisan ini menandakan keberadaan dari jejak hidup pada zaman dahulu. Lukisan ini terlihat berwarna kuning dan merah menyala. Lukisan ini seolah-olah menceritakan tentang kehidupan zaman dahulu. Lukisan dinding atau disebut lukisn dinding purba oleh masyarakat sekitar. Lukisan ini berada di sebuah tebing karang dengan panjang 1 Km dengan ketinggian 10 meter.

Lukisan ini seperti galeri alam yang dapat dinikmati oleh siapapun namun tidak dapat dijangkau. Lukisan ini hanya dapat diperhatikan dari dekat dengan menggunakan speed boat dari atas air.

3. Benteng Fort Du Bus

Benteng Fort Du Bus ini diresmikan pada 24 Agustus 1828, dimana benteng ini adalah benteng pertama yang dibuat oleh pemerintah pada zaman itu. Benteng ini dibuat untuk berlindung dan menghalau gangguan dari pasukan musuh

Menurut sejarah, nama benteng ini berasal dari L.P.J Burggraaf du Bus de Gisignis, seorang jenderal berkuasa asal Hindia Belanda. Kini benteng ini dijadikan sebagai tempat wisata yang populer dan banyak dikunjungi. Benteng besar dan tinggi ini berada di Kampung Lobo Desa Kaimana, Papua Barat. Benteng bersejarah ini adalah sebuah benteng yang kini viral di kalangan para wisatawan asing.

4. Danau Kamaka

Danau Kamaka, berada di teluk Triton, Kaimana. Danau dengan panjang 30 Km dan lebar 1 Km ini dijadikan sebagai tempat berwisata yang sangat disukai semua orang. danau Kamaka ini adalah salah satu tempat wisata terpopuler di daerah ini.

Uniknya danau Kamaka ini memiliki masa pasang dan surut selama 8 tahun atau 5 tahun sekali. Saat keadaan danau ini surut para masyarakat di sekitar danau akan bercocok tanam di sekitar danau ini. Namun saat musim danau dalam keadaan pasang, maka masyarakat akan beralih dari petani menjadi nelayan.

Panorama alam yang disajikan di danau ini sangat indah. Air danau ini memiliki warna biru yang apabila di jadikan latar berfoto akan berpadu dengan deretan pepohonan di sekitar danau. Jika ingin berkunjung ke danau ini, para wisatawan harus berjalan dengan jarak 7 Km untuk sampai ke tempat Menakjubkan ini.

5. Kolam Sisir

Kolam sisir ini adalah tempat wisata yang baru-baru ini populer di daerah Kaimana. Jika berkunjung ke kolam ini Anda akan menikmati keindahan alam yang wah. Air di kolam sisir ini memiliki warna kehijauan yang cantik.Keindahan kolam ini dapat membuat Anda nyaman dan membuat suasana hati menjadi baik kembali. Pemandangan ini sangat cocok bagi Anda yang sedang jenuh dengan kehidupan di luar.

Kolam ini adalah tempat pemandian unggulan di Kota Kaimana. Air kolam ini adalah air yang alami, berasal dari alam, jernih dan segar. Lokasi ini tidak jauh dari pusat kota. Para wisatawan hanya akan menghabiskan waktu sekitar 20 menit untuk sampai dan menyaksikan kolam sisir ini.

6. Wisata Alam KM 14

Tempat wisata ini adalah salah satu lokasi dengan kesejukan alam yang belum pernah disentuh. Sehingga jika memasuki wilayah ini Anda akan mendengar nyanyian burung di sepanjang jalan. Tempat wisata ini sangat pas untuk dijadikan tempat piknik bersama keluarga atau mendirikan tenda dan camping seru di sekitar tempat ini bersama teman.

Pemandangan dengan pohon besar dan nyanyian burung di sekitar hutan menambah romantis dan sendu tempat ini. Kekayaan hayati yang terdapat di kawasan ini menjadi salah satu daya tarik para wisatawan untuk menjelajah tempat ini. Di tengah hutan lindung Anda dapat berkeliling dan dapat menemukan banyak jenis hewan yang menarik perhatian. Seperti berbagai macam burung yang unik dan hanya dapat Anda lihat di tempat ini.

7. Pulau Venue

Pulau ini berada di bagian barat Kaimana. Pulau ini dihiasi dengan pohon kasuari yang rindang dan sejuk. Pulau ini memiliki panjang 700 meter dengan lebar 300 meter. Di tengah pulau ini terdapat sebuah kolam air asin yang menambah unik lokasi wisata ini.

Uniknya di pulau ini menjadi tempat hidup dari penyu belimbing. Menurut penelitian penyu belimbing ini berada dalam peringkat terancam punah di Indonesia. Selain penyu belimbing, di pulau ini juga terdapat penyu lekang, penyu sisik dan ada penyu hijau. Nama pulau ini memiliki arti telur, karena di lokasi ini selalu terdapat ratusan telur penyu saat musim bertelur penyu. Selain penyu, di Pulau Venue ini juga terdapat sarang elang dan hewan langka lainnya.

8. Teluk Triton

Teluk Triton katanya adalah jiplakan dari keindahan dari Raja Ampat. Di teluk ini para wisatawan dapat menikmati keindahan pulau yang cantik seperti di Raja Ampat. Di teluk ini terdapat deretan batu karang yang menghiasi tengah laut.

Di tempat ini, selain keindahan dan keasriannya, teluk ini juga sangat terjaga kebersihannya. Teluk ini selalu dijaga dan dirawat oleh pemerintah, karena teluk ini menjadi salah satu kawasan konservasi di Kaimana.

Selain itu, masih ada keindahan yang dapat dinikmati di teluk indah ini. Pesona alam bawah laut yang akan membuat Anda tidak henti-hentinya bersyukur atas nikmat Tuhan. Keindahan karang dan ikan-ikan kecil menghiasi air di teluk ini.

Di Teluk ini terdapat pulau karang dengan deretan pepohonan. Jika ingin mengunjungi Teluk Triton ini Anda hanya perlu menyeberang kira-kira sekitar 60 menit dengan kapal motor dari pelabuhan Kaimana.

9. Pantai Ermun

Pantai ini adalah salah satu pantai terbaik di daerah Kaimana. Pantai Ermun berdekatan dengan Teluk Triton. Dengan keindahannya pantai ini memiliki warna air yang biru dan jernih. Selain itu ombaknya juga tenang dan membuat hati sejuk. Di lokasi ini terdapat sebuah karang yang melengkung dan berlubang. Batu karang ini menjadi salah satu simbol adanya pantai ini.

Di pantai ini Anda dapat berenag dengan bebas. Menikmati keindahan alam bawah laut dengan diving dan snorkeling. Selain itu para wisatawan juga dapat berkeliling pantai dengan perahu nelayan menuju tengah pantai.

Para wisatawan juga dapat menyaksikan matahari terbenam dengan warna yang indah dan menawan. Tidak hanya itu pantai dengan pasir putih dan lembut ini menjadi pantai terfavorit bagi wisatawan yang pernah datang.

10. Senja Kaimana

Menyaksikan senja yang eksotis di Kota Senja Kaimana adalah salah satu tujuan dari para wisatawan. Senja ini merupakan tempat dengan senja yang teromantis di kota ini. Kaimana terkenal dengan nama kota senja paling indah saat sore hari. Senja dengan warna yang menakjubkan dan dapat disaksikan di ketinggian kota. Menyaksikan senja di tempat ini, Anda juga akan mendapatkan pemandangan laut yang luas dan cantik.

Kunjungan ke tempat wisata di Kaimana bukan hanya akan memanjakan mata Anda dengan keindahan alamnya, tetapi juga akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan dan memperkaya wawasan tentang kekayaan budaya serta kearifan lokal. Jadi, mari kita jadikan perjalanan ke Kaimana sebagai kesempatan untuk mengagumi, menjaga, dan merayakan keindahan alam serta keanekaragaman budaya yang dimiliki Indonesia. (Celebes.co)

Editor: Sianturi