SALAM PAPUA (TIMIKA)- Destinasi Wisata di Manokwari, Papua Barat memiliki banyak sekali destinasi wisata wajib kunjung, salah satunya adalah kabupaten Manokwari. Manokwari sendiri adalah ibukota Provinsi Papua Barat yang secara administratif memiliki luas 125 km² dan menurut data sensus penduduk tiga tahun lalu, menampung populasi kurang lebih 107.000 jiwa. Kota yang diresmikan hampir 23 tahun lalu ini menyimpan banyak potensi wisata yang bisa kamu kunjungi, lho. Penasaran? Supaya kamu tidak bingung, langsung saja kita bahas daftar destinasi wisata di Manokwari yang wajib kamu kunjungi ini.

1. Danau Anggi

Lokasi: Bukit Kobrey, Distrik Sururey, Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat

Destinasi wisata pertama dari Manokwari adalah Danau Anggi yang memiliki air yang sangat jernih. Danau ini sendiri secara geografis adalah sepasang danau kembar yang lokasinya tidak terlalu berbeda jauh. Salah satu hal yang bisa menguji adrenalin kamu adalah rute menuju danau ini cukup menantang dan bisa menguras fisik, karena bukan hanya jalan nya berlumpur, namun tantangan yang ada juga termasuk jalanan yang berkelok. Tapi, cantiknya kedua danau ini seakan menjadi obat yang menyembuhkan lelah kamu.

Kecantikan destinasi wisata Manokwari ini didukung dengan pepohonan hijau yang rindang dan lebat, sehingga pemandangan eksotis dari Danau Anggi semakin lengkap rasanya. Satu catatan yang perlu kamu ketahui meskipun airnya jernih dan menyegarkan, jangan sekali-kali memilih untuk berenang di danau ini. Karena lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat suhu yang ada di dalam danau ini sangat dingin. Semua kecantikan Danau Anggi dapat kamu nikmati dengan membayar tiket masuk Rp20.000 per orang.

2. Pegunungan Wondiwoi

Lokasi: Maniwak, Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat

Manokwari memang dikenal sebagai salah satu kota yang dipenuhi dengan dataran tinggi, yang membuat banyak gunung atau pegunungan tersebar di kota ini. Salah satunya yang cukup terkenal adalah Pegunungan Wondiwoy. Objek wisata Manokwari yang satu ini merupakan kawasan yang dilindungi dan memiliki cagar alam dengan total luas mencapai 80 hektar. Kawasan pegunungan ini begitu luas, sehingga banyak flora dan fauna khas Papua yang endemik dan menjadikan Pegunungan Wondiwoi sebagai rumah mereka.

Pihak pengelola dari Pegunungan Wondiwoy sangat menjaga ekosistem dari flora dan fauna yang ada di sini, sehingga para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini dilarang untuk berburu apalagi merusak tanaman yang ada. Untuk menikmati keindahan dari Pegunungan Wondiwoi, kamu perlu membayar Rp 20.000 untuk tiket masuk.

3. Teluk Doreri

Lokasi: Jl. Trikora Taman Ria, Wosi, Manokwari Bar, Kabupaten Manokwari, Papua Barat

Nilai sejarah sangat kental di teluk yang satu ini. Dari tahun ke tahun, banyak wisatawan dan juga sejarawan mencari tahu rumor yang beredar tentang keberadaan kapal perang yang tenggelam di perairan Teluk Doreri. Jumlahnya juga tak main-main, yaitu ada lima buah kapal perang yang disinyalir tenggelam di dalam Teluk Doreri.

Sebagai wisatawan, kamu tentunya akan disajikan dengan keindahan dari kapal-kapal yang ada. Pihak pengelola dari Teluk Doreri menyediakan opsi untuk menyewa peralatan renang, sehingga kamu bisa menyaksikan beberapa kapal karam yang sudah menyatu dengan ekosistem bawah laut objek wisata Manokwari ini.

4. Pantai Pasir Putih Yen Beba

Lokasi: Pantai Yen Beba, Pasir Putih, Distrik Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari, Papua Barat

Mengunjungi Manokwari tidak akan cukup jika kamu tidak pergi ke salah satu pantai terbaik yaitu Pantai Pasir Putih Yen Beba. Lokasi objek wisata Manokwari ini juga tidak terlalu jauh, sekitar 15 menit dari pusat kota Manokwari dengan kendaraan bermotor. Pantai Putih Yen Beba bukan hanya menawarkan keindahan airnya yang biru jernih, namun juga pasirnya yang putih.

Opsi untuk bersantai di pinggir pantai tentunya terbuka, namun rasanya sayang jika kamu menghabiskan waktu di Pantai Pasir Putih Yen Beba tanpa menikmati biota bawah lautnya yang sangat cantik. Di pantai ini, kamu bisa menyewa peralatan snorkeling atau diving untuk melihat betapa cantik dan beragamnya biota bawah laut yang berwarna-warni. Untuk menikmati objek wisata Manokwari ini, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp 20.000.

5. Pantai Bakaro

Lokasi: Sunsweni, Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Papua Barat

Rekomendasi pantai kedua dari kabupaten Manokwari adalah Pantai Bakaro yang sebenarnya merupakan pantai klasik yang sudah sangat dikenal oleh wisatawan lokal, juga internasional. Pengelolaan yang baik dari destinasi wisata Manokwari ini membuat keindahan alam yang disajikan sangat terjaga. Kombinasi air laut yang jernih melengkapi batu karang yang cantik dan pasir putih yang terhampar luas.

Pagi atau sore hari adalah waktu yang pas untuk menikmati eksotisme dari Pantai Bakaro, meskipun kecenderungan wisatawan untuk menikmatinya di sore hari lebih besar. Begitu populernya pantai ini sampai banyak fotografer yang berkunjung di sore hari hanya untuk menikmati keindahan dari Pantai Bakaro. Pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 20.000 untuk masuk ke destinasi wisata Manokwari ini.

Semua eksotisme dari kabupaten Manokwari seakan terangkum dengan pas di berbagai destinasi wisata yang telah disebutkan di atas. Mengingat bahwa pihak pengelola juga pemerintah daerah turut menjaga beberapa lokasi wisata ini, Manokwari menyimpan banyak potensi wisata di masa depan baik untuk wisatawan lokal maupun internasional. Nah, jika kamu berencana untuk mengunjungi Manokwari, persiapan yang dilakukan jauh-jauh hari sudah wajib rasanya. Untuk memudahkan hal ini, kamu bisa pesan tiket pesawat sekaligus hotel dan penginapan dengan harga terbaik di Traveloka. Yuk, cek Traveloka sekarang! (Traveloka)

Editor: Sianturi