SALAM PAPUA (TIMIKA) - Papua Black Pearls, tim kebanggaan dari Timika, Papua, menunjukkan semangat juara yang luar biasa di hari pertama turnamen Merdeka Bowl 2024.

Setelah menelan kekalahan di pertandingan awal melawan juara bertahan Merdeka Bowl 2022, Papua Black Pearls melakukan Epic Comeback dan menang dalam pertandingan melawan Semarang dengan skor 24-20.

Pertandingan melawan Tim Semarang berlangsung dramatis. Papua Black Pearls sempat tertinggal dua touchdown, namun semangat pantang menyerah yang mengalir di setiap pemain berhasil membalikkan keadaan. Momen kebangkitan ini terjadi saat hari mulai gelap, dengan dua touchdown penentu dicetak menjelang matahari terbenam.

Karena adanya keterlambatan pertandingan sebelumnya, lapangan Merdeka Bowl tidak dijadwalkan untuk pertandingan ini dan harus diperpanjang hingga pukul 06.30 WIB sore. Kondisi ini menambah tantangan bagi kedua tim, namun Papua Black Pearls berhasil memanfaatkan momentum untuk memastikan kemenangan dalam suasana yang semakin gelap.

Merdeka Bowl 2024 menganut sistem turnamen campur Liga, di mana pada ronde pertama, setiap pool terdiri dari 5 tim yang bersaing untuk memperebutkan posisi 1 dan 2. Posisi 3 juga memiliki kesempatan untuk melaju ke babak selanjutnya, dengan syarat perbedaan touchdown yang memenuhi kriteria tertentu. Namun hanya dua tim dari posisi 3 di pool yang berbeda yang akan diambil untuk melanjutkan ke babak berikutnya.

Manajer tim Papua Black Pearls, Willy Bryand Luwunaung menggambarkan pool mereka sebagai "pool neraka" karena menghadapi tim juara liga 2022 yang kini memiliki dua tim, yakni Jakarta A dan B. Tim Jakarta ini dipenuhi pemain nasional yang berlaga di Bangkok tahun lalu, sehingga kekalahan Papua Black Pearls dianggap wajar.

Namun Willy optimis bahwa dengan kaliber pemain yang dimiliki saat ini, Papua Black Pearls mampu mengalahkan Jakarta A atau B di kesempatan berikutnya.

"Kami kalah karena kurang pengalaman, tapi secara fisik dan mental, kami seharusnya bisa mengalahkan mereka," ujarnya dengan penuh keyakinan.

Saat ini, Papua Black Pearls berada di posisi ke-9 dan masih membutuhkan 2 kemenangan lagi untuk tetap berada di Liga Merdeka Bowl. Kemenangan ini membuktikan bahwa meskipun masih baru mengikuti turnamen tersebut, Papua Black Pearls mampu bersaing dengan tim-tim terbaik.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendukung yang selalu berada di belakang kami, baik yang hadir langsung di lapangan maupun yang mendukung dari jauh. Kemenangan ini kami persembahkan untuk seluruh masyarakat Papua yang selalu setia memberikan dukungan. Kami akan terus berjuang dengan semangat yang sama untuk menghadapi pertandingan berikutnya di Merdeka Bowl 2024. Nantikan aksi-aksi berikutnya dari Papua Black Pearls,” ujarnya.

Tentang Papua Black Pearls

Papua Black Pearls adalah tim flag football yang berasal dari Timika, Papua. Didirikan dengan semangat untuk mengangkat prestasi olahraga di tanah Papua. Tim ini terdiri dari pemain-pemain berbakat dari berbagai daerah di Papua dan sekitarnya. Papua Black Pearls adalah satu-satunya tim dari Timika yang berkompetisi di Merdeka Bowl 2024.

Editor: Jimmy