SALAM PAPUA (TIMIKA) - Salah satu pedagang di Pasar Sentral Timika, Sahrul mengatakan, cabai kecil di Pasar Sentral Timika mulai beranjak naik, dari harga Rp 120 ribu/kg naik menjadi Rp 140 ribu/kg.

“Sekarang harga cabai kecil Rp 140 ribu/kg, baru naik kemarin, kemarin harganya Rp 12 ribu/kg,” ujarnya Senin (5/7/2024).

Ia menjelaskan, cabai yang diambil merupakan cabai lokal, sebab cabai dari luar belum ada kiriman. Pasalnya, cabai dari luar biasanya lebih sedikit murah.

“Ini cabai lokal, kemarin juga cabai lokal. Namun mungkin saat ini panennya sedikit jadi harganya naik, kalau cabai luar biasanya lebih murah,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk bawang merah dan bawang putih masih stabil di harga Rp 50 ribu/kg. Sama halnya dengan tomat dan cabai besar harganya masih stabil.

“Tomat di harga Rp 35 ribu/kg, cabai besar di harga Rp 110 ribu/kg. Harganya masih stabil,” ungkapnya.

Sama halnya dengan Sahrul, pedagang lainnya, Ida juga menyebutkan, harga cabai kecil di Timika kembali naik. Yang sebelumnya harga Rp 120 ribu naik menjadi Rp 140 ribu/kg.

“Hari Sabtu itu masih harga Rp 120 ribu, nah hari Minggu harga sudah naik Rp 140 ribu/kg, yah kalau harga naik dari petani kita tidak mungkin jual murah,” ucapnya.

Ida katakan, sama halnya dengan harga sayuran yang sekarang tidak ada lagi harga Rp 10 ribu 3 ikat, namun sekarang Rp 5 ribu 1 ikat. Untuk sayur kol lokal pun Rp 40 ribu/kilo.

“Sekarang sayuran juga naik, kalau sayur kol kirimin biasanya Rp 20 ribu/kg. Kentang kiriman Rp 35 ribu/kg, wortel juga kiriman Rp 28 ribu/kg, labu siam dari Wamena Rp 18 ribu/kg,” jelasnya.

Menurutnya, harga kiriman disesuaikan dengan pengiriman. Apabila pengiriman menggunakan pesawat Herkules maka harga masih normal, namun apabila menggunakan maskapai lainnya, maka harga akan lebih mahal.

“Sebenarnya kita tergantung pengiriman. Tapi menurut kami pedagang, asal jangan barangnya kosong saja di pasar, maka jelas harganya akan melonjak,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi