SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, Natalus Tabuni, SPd pastikan, tahapan pendaftaran pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada 2024 berjalan lancar tanpa adanya gangguan jaringan internet.

"Kami dari KPU dan Pemkab upayakan adanya wifi guna kelancaran jaringan internet, untuk kelancaran pendaftaran berkas-berkas Paslon ke akun Silon," kata Natalus saat ditemui di Timika, Senin (26/8/2024).

Natalus sampaikan, bahwa pendaftaran Paslon di Kabupaten Puncak sesuai dengan ketetapan PKPU RI, yaitu dilakukan 27-29 Agustus.

"Puji Tuhan semua tahapan sudah kami laksanakan dengan baik, dan pendaftaran akan kami buka 27-29 Agustus. Besok pagi kami terbang ke Ilaga dan langsung buka pendaftaran, karena kami sudah berkantor di Ilaga," ujar Natalus.

Selain persoalan itu, selaku penyelenggara Pilkada, pihaknya juga telah menjalin koordinasi bersama pihak keamanan, dalam hal ini TNI-Polri guna menjamin situasi keamanan selama pendaftaran berlangsung hingga pada pelaksanaan Pilkada Bulan November mendatang.

"Hari ini KPU, Pemkab dan aparat keamanan juga gelar apel pengamanan," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, sejauh ini di Kabupaten Puncak ada 18 parpol, tetapi ada beberapa parpol yang tidak dapat kursi pada pemilu 2024. Akan tetapi dengan adanya putusan MK yang terbaru, maka parpol yang tidak mendapat kursi di DPRD tetap diperbolehkan mendaftarkan calonnya.

"Kami ikuti aturan itu dan siap menerima semua calon dari masing-masing parpol. Yang selama ini digadang-gadang akan mendaftar untuk di Kabupaten Puncak terdapat 4 hingga 5 Paslon," tutupnya .

Penulis: Acik

Editor: Sianturi