SALAM PAPUA (NABIRE) – Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Tengah, Meki Nawipa-Deinas Geley, secara resmi mendaftar ke KPU Provinsi Papua Tengah, jalan A. Gobay, Nabire, sekitar pukul 13.30 WIT, Rabu (28/8/2024).

Pantauan salampapua.com, tampak lautan massa pendukung dan para simpatisan dari 8 Kabupaten di Provinsi Papua Tengah yang dengan sukarela datang dan sempat melumpuhkan arus lalu lintas di seputaran Nabire, turut mengantar bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Tengah yang dikenal dengan singkatan MeGe ini ke Kantor KPU Papua Tengah.

Tampak pula sejumlah aparat keamanan dari Kepolisian berjaga-jaga di area pintu masuk Kantor KPU Papua Tengah, yang mana jalan di sekitarnya pun ditutup.

Adapun yang diizinkan masuk ke dalam Kantor KPU Papua Tengah dibatasi untuk 30 orang yang di dalam terdiri dari Pasangan Calon bersama istri, Ketua dan Sekretaris serta pengurus Partai Politik (Parpol) pengusung yakni PDI Perjuangan, PAN, PPP, PBB dan PKN. Proses pendaftaran sejak awal hingga akhir pun berjalan aman dan kondusif.

Setelah selesai mendaftar di KPU Papua Tengah, ribuan massa pendukung mengangkat dan mengarak Pasangan Calon Meki Nawipa-Deinas Geley menuju kendaraannya.

Ketua KPU Papua Tengah, Jennifer Darling Tabuni dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Tengah, Meki Nawipa-Deinas Geley, bersama Parpol pengusung telah datang mendaftar ke kantor KPU Papua Tengah dan telah memenuhi dokumen-dokumen pendukung untuk proses administrasi pencalonan.

“Saya berharap dokumen-dokumen persyaratan untuk pencalonan bisa lengkap hari ini dan besok bisa menuju ke Jayapura untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Memang untuk pemeriksaan kesehatan bakal calon untuk Provinsi Papua, Papua Tengah dan Papua Pegunungan dilakukan di Jayapura,” ujarnya.

Jennifer juga menyampaikan terima kasihnya kepada bakal pasangan calon Meki Nawipa-Deinas Geley telah berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini.

“Kami berharap semua bakal pasangan calon dapat bersama-sama turut menjaga keamanan untuk semua hal selama proses pesta demokrasi ini, termasuk masyarakat. Jangan kita korbankan masyarakat, jangan kita korbankan nyawa, tapi mari kita berpesta demokrasi dengan bermartabat hingga nantinya terpilih pemimpin daerah yang juga bermartabat, yang dapat melayani di Provinsi Papua Tengah,” tutupnya.

Diketahui, pasangan Meki Nawipa-Deinas Geley adalah bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur pertama yang mendaftar ke KPU, pada Rabu (28/8/2024). Sementara bakal pasangan calon lainnya direncanakan akan mendaftar ke KPU pada Kamis (29/4/2024).

Dari informasi yang berhasil dihimpun salampapua.com, selain pasangan Meki Nawipa-Deinas Geley, ada 3 bakal pasangan calon lainnya yang akan maju pada kontestasi Pilkada 2024 untuk calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Tengah, yakni pasangan Willem Wandik-Aloysius Giay, pasangan Natalis Tabuni-Titus Natkime, dan pasangan John Wempi Wetipo-Ausilius You.

Penulis/Editor: Jimmy