SALAM PAPUA (TIMIKA)- Anda penyuka pantai? Anda wajib untuk berkunjung ke salah satu pantai yang terletak di ujung timur Indonesia, Pantai Lampu Satu di Merauke. Pesona alam di wilayah timur Indonesia memang selalu mempesona, tidak terkecuali dengan pantai yang satu ini. Anda akan dibuat kagum dengan keindahan pemandangan yang tersaji di pantai ini. Penasaran? Yuk intip ulasannya!

Nama dari pantai ini terbilang unik dan seakan hanya memiliki lampu yang berjumlah satu. Namun, nama ini memang berasal dari sebuah mercusuar yang ada di sekitar pantai dan hanya diterangi oleh satu lampu, sehingga pantai ini diberi nama Pantai Lampu Satu. Pantai ini juga memiliki keindahan yang seunik namanya dan akan membuat siapa pun terpana dengan pesonanya.

Dengan keindahan yang disajikannya pasti membuat anda betah berlama-lama di pantai ini. Selain itu, tidak banyak turis yang berkunjung ke sini, sehingga anda bisa lebih leluasa untuk menjelajahi pantai yang elok dan eksotis di wilayah timur Indonesia ini. Banyak warga lokal yang berkunjung ke pantai ini untuk menikmati keindahannya sembari melakukan beberapa aktivitas.

Salah satu keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Lampu Satu adalah ketika matahari mulai tenggelam dan menyisakan warna langit jingga yang sangat cantik. Oleh sebab itu, banyak pengunjung yang bertahan hingga petang hari untuk menanti momen tenggelamnya matahari di pantai ini. Pastikan anda juga tidak melewatkannya ketika berkunjung ke pantai ini.

1. Pemandangan Sunset

Pemandangan sunset di Pantai Lampu Satu memang selalu menjadi incaran para pengunjungnya. Sebab, anda akan disuguhkan dengan pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah. Terlebih jika anda menikmati pemandangan ini mercusuar yang menghadap ke laut. Langit senja yang berpadu dengan siluet pantai yang indah menjadi pemandangan sempurna.

Jika anda berkunjung ke sini, pastikan untuk tidak melewatkan pemandangan yang indah ini. Bagi para pemburu sunset bisa datang saat menjelang petang dan jangan lupa untuk membawa kamera. Sayang sekali jika pemandangan yang indah tersebut tidak diabadikan dengan jepretan kamera.

2. Pemandangan Pantai yang Indah

Selain pesona sunset-nya yang selalu diburu oleh para wisatawan, Pantai Lampu Satu memang sudah memiliki pemandangan yang sangat indah. Pasirnya yang berwarna kecokelatan berpadu dengan air laut yang sangat jernih membuat pantai ini terlihat menawan. Belum lagi dengan garis pantai yang cukup panjang, sehingga anda bisa bebas kesana-kemari.

3. Pemandangan Perahu yang Karam

Pemandangan yang satu ini bisa anda temukan saat berkunjung di sore hari. Banyak perahu nelayan yang terlihat seperti karam di tengah pantai karena air laut yang surut hingga 2 kilometer dari bibir pantai. Karan hal tersebut, perahu di tengah laut terlihat seperti perahu yang terdampar.

Pantai cantik ini berlokasi di Kampung Buti, tepatnya di Jalan Menara Lampu Satu, Samkai, Kecamatan Merauke, Kabupaten Merauke, Papua. Lokasi ini berjarak sekitar 4 kilometer dari Kota Merauke dan bisa anda tempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Anda bisa mengawali perjalanan dari Kota Merauke yang biasanya anda mulai dari Bandara Mopah. Dari bandara ini, anda bisa menyewa taxi dengan biaya sekitar Rp 4 ribu dan bisa juga menggunakan jasa ojek dengan biaya sekitar Rp 10 ribu. Kedua kendaraan ini bisa anda gunakan untuk mengantarkan anda menuju wisata pantai ini.

Selain menyewa taxi atau ojek, anda juga bisa menyewa kendaraan selama satu hari penuh yang biasa dibandrol dengan biaya Rp 300 ribu per hari. Kelebihan menggunakan kendaraan sewa ini anda bisa pergi kemanapun tanpa perlu berkali-kali menggunakan taxi atau ojek. Namun, biaya yang perlu anda persiapkan juga lebih mahal.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Biaya yang ditetapkan bagi para pengunjung yang ingin menikmati indahnya Pantai Lampu Satu sangatlah murah. Anda hanya akan diminta membayar Rp 5 ribu untuk roda dua dan Rp 10 ribu untuk roda empat. Dengan biaya tersebut, anda sudah bisa menikmati keindahan panorama pantai ini sampai puas.

Untuk mendapatkan pemandangan yang paling indah, anda bisa berkunjung saat menjelang petang karena saat itulah anda akan menyaksikan indahnya sunset yang ada di sini. Keindahan pemandangan yang ada di sini sangat luar biasa dan tidak sebanding dengan biaya yang harus anda bayarkan. Tertarik untuk berkunjung?

1. Jalan-Jalan Santai

Saat berkunjung ke pantai ini, anda bisa jalan-jalan santai sambil menikmati keindahan pemandangan pantai ini. Untuk suasana yang sangat baik, anda bisa datang di sore hari karena di waktu ini anda bisa melihat pemandangan perahu yang terdampar dan sunset yang sangat indah.

2. Menyaksikan Aktivitas Warga Sekitar

Pantai yang masih sepi turis ini kerap dikunjungi oleh warga sekitar yang bermain-main di sekitar pantai. Saat air laut surut, biasanya dimanfaatkan untuk bermain bola atau balapan motor oleh warga sekitar. Namun, ada juga yang santai sambil mencari kerang yang terdampar. Anda bisa menikmati pemandangan tersebut sambil menikmati cemilan yang dijual di sekitar pantai.

3. Fotografi

Fotografi adalah kegiatan wajib yang harus anda lakukan di Pantai Lampu Satu. Pesona pantai yang satu ini tidak boleh lepas begitu saja tanpa terabadikan dengan jepretan kamera. Oleh karena itu, kamera adalah barang yang wajib anda bawa saat berkunjung ke pantai timur Indonesia ini supaya tidak ketinggalan untuk mengabadikan keindahannya.

Salah satu pemandangan yang tidak boleh anda lewatkan adalah pemandangan saat matahari terbenam yang serasi dengan siluet perahu karam di tengah pantai. Suasana ii juga sering dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk menghasilkan foto siluet dengan latar belakang sinar jingga petang hari.

Terdapat beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Lampu Satu, salah satunya adalah warung yang ada di sekitar pantai. Keberadaan warung ini tentu akan sangat membantu para pengunjung yang tidak membawa bekal makanan dan ingin menikmati cemilan sembari menikmati keindahan panorama pantai ini.

Meski anda bisa bebas makan di sini, pastikan untuk tidak meninggalkan sampah supaya lingkungan pantai tetap terjaga dengan baik. setidaknya itulah hal yang bisa dilakukan oleh para pengunjung sebagai salah satu upaya untuk menjaga keindahan dan pesona dari pantai yang sangat populer di Tanah Papua ini.

Pesona Pantai Lampu Satu yang ada di wilayah timur Indonesia ini memang tidak ada duanya dan wajib untuk anda coba. Anda akan disuguhkan dengan keindahan pantai yang luar biasa dan nuansa yang hangat. Saat berkunjung ke sini, pastikan untuk turut serta menjaga kebersihan pantai supaya keindahannya tetap terjaga dengan baik dan tetap memancarkan pesona timur Indonesia. Celebes.co)

Editor: Sianturi