SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dua unit rumah warga Perumahan Bumi Kamoro Indah, RT 23/RW 05 Kelurahan Wonosari Jaya, SP 4, Distrik Wania hangus terbakar sekira pukul 18.40 WIT malam, 29 Agustus 2024.  Syamsudin, yang merupakan salah satu korban mengaku, tidak mengetahui sumber api, karena saat terjadinya kebakaran tidak ada satu orangpun yang tinggal di dalam rumah.

Saat kejadian Syamsudin sedang melaksanakan salat di masjid, dan ia terkejut saat menerima informasi dari orang-orang, bahwa rumahnya terbakar. Atas informasi warga, ia bergegas tinggalkan masjid menuju rumahnya, akan tetapi saat tiba ia melihat kobaran api sangat besar dan sulit dipadamkan.

"Saat kejadian saya tidak ada di rumah, karena lagi salat di masjid dan anak saya juga lagi pergi di rumah tantenya. Saya lari dari Masjid saat dengar orang-orang teriak, tapi apinya sudah sangat besar dan tidak bisa dipadamkan," kata Syamsudin saat ditemui Salampapua.com, Jumat (30/8/2024).

Atas insiden itu, satu unit mobil Honda jazz yang terparkir di garasi bagian depan rumahnya ikut terbakar.

"Yang paling bersyukur tidak ada korban jiwa. Soal harta itu kita ikhlaskan," ujarnya.

Sementara itu, Siska yang juga sebagai pemilik salah satu rumah yang terbakar mengatakan, saat kejadian hanya dua orang anaknya yang ada di dalam rumah. Siska terkejut saat ditelepon tetangga, yang melaporkan bahwa rumahnya terbakar. Saat kembali kerumahnya, Siska berusaha masuk ke bagian belakang rumah menuju kamar untuk mengambil surat-surat berharga.

"Saya baru saja keluar menggunakan sepeda motor, tapi kemudian kaget ditelepon tetangga kalau rumah saya terbakar. Pas saya datang, api itu sudah sangat besar di bagian depan," katanya.

Menurut Siska, salah satu anaknya yang saat kejadian berada di rumah mengatakan, sempat mendengar adanya ledakan di bagian belakang rumah, sehingga langsung keluar rumah dan melihat adanya api di bagian depan rumah tetangganya yang juga ikut terbakar (dari arah garasi Pak Syamsuddin).

"Anak-anak saya sempat berusaha timba air dan siram, tetapi apinya lebih cepat merambat,"jelasnya.

Akibat kejadian itu, satu unit mobil Mitsubishi Kuda dan seluruh perabot rumahnya hangus tidak tersisa.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi