SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens akhirnya dilepas, Sabtu (21/9/2024) setelah disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan sejak 2 Februari 2023 lalu.

Informasi pembebasan Pilot asal New Zealand (Selandia Baru) juga dibenarkan oleh Kaops Damai Cartenz 2024, Brigjen Pol Dr. Faizal Ramadhani, bahwa  dalam kurun waktu kurang lebih 1,5 tahun, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah Republik Indonesia, untuk membebaskan Pilot Philip dan tetap mengedepankan soft approach dari pada hard approach.

"Akhirnya setalah sekian lama melakukan pendekatan, pada hari ini Pilot Philip berhasil dijemput oleh Tim Gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024," ungkap Brigjen Faizal dalam rilisnya.

Sementara itu, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, KBP Dr. Bayu Suseno menjelaskan, Pilot Philip dijemput oleh tim gabungan bertempat di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Nduga dan langsung diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B Pelopor Polda Papua di Jalan Agimuga, Mile 32 Kabupaten Mimika.

"Ya benar sekali, hari ini kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika" jelas Bayu

Pilot Philip langsung dibawa ke ruangan khusus untuk dilakukan mitigasi medis, sekaligus memastikan kondisi psikologis Pilot Philip dalam keadaan stabil.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi