SALAM PAPUA (TIMIKA) – Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Leonard Pardede mengatakan, di Papua Tengah belum ditemukan virus Mpox atau monkeypox atau biasa disebut dengan cacar monyet.  Sedangkan untuk di Jayapura tepatnya di Abepura, pihak kesehatan telah melakukan pemeriksaan swab dan tidak ditemukan cacar monyet. Yang ada pasien hanya mengalami cacar biasa. Dan pihak kesehatan di Jayapura masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Memang ada satu kecurigaan kasus cacar monyet, namun sampai saat ini masih dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Saya sudah konfirmasi ke Kepala Dinas Kesehatan Papua Tengah dan kita di Papua Tengah aman. Tidak ditemukan virus Mpox” ujarnya saat dihubungi Salampapua.com, Kamis (5/9/2024).

Menurutnya, virus ini seperti virus Covid, sehingga masyarakat hanya perlu menjaga kebersihan diri dan kesehatan tubuh, sehingga kekebalan dalam tubuh bisa mencegah masuknya virus-virus.

“Yang jelas kita di Timika ini harus hidup sehat, jaga pola makan, jaga kebersihan diri dan lingkungan. Namanya ada kuman-kuman, namun kalau pola hidup kita sehat maka kekebalan tubuh akan melindungi,” jelasnya.

Dirinya juga meminta kepada semua masyarakat Mimika untuk lebih waspada, bukan hanya dengan virus MPOX ini, namun semua virus yang ada.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi