SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Mimika, Jenny O Usmani mengatakan, saat ini pihaknya masih mengevaluasi anggaran bantuan bagi mahasiswa Orang Asli Papua (OAP). Anggaran bantuan tersebut sebesar Rp 10 miliar, yang rencananya akan diberikan kepada kurang lebih 700 mahasiswa yang telah didata Disdik Mimika.

“Untuk tindak lanjut anggaran Rp 10 miliar itu kita sudah tetapkan untuk kurang lebih 700 mahasiswa yang sudah kita data,” ujarnya usai mengikuti rapat OPD bersama Pj Bupati Mimika, di Hotel Grand Tembaga, Senin (9/9/2024).

Selanjutnya kata Jenny, pihaknya menunggu arahan Pj Bupati Mimika terkait aturan pembagian anggaran untuk persatu mahasiswa, dan juga pembagiannya akan diberikan sekaligus atau pun per semester.

“Kita belum bisa menetapkan berapa yang kita kasih per mahasiswa, karena kita menunggu arahan Bupati. Kita juga minta petunjuk pimpinan pemberian dana akan diberikan sekaligus ataupun per semester,” jelasnya.

Jenny mengungkapkan, untuk anggaran tersebut perlu dievaluasi, dikarenakan akan ada penambahan Rp 4 miliar pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan.

“Karena katanya ada penambahan Rp 4 miliar di APBD-P. Tapi kita belum bisa pastikan, karena belum ditetapkan. Nanti setelah ditetapkan, baru kita lihat lagi anggarannya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dana bantuan ini dipastikan akan disalurkan di tahun ini, sebab menggunakan anggaran 2024.

“Yang jelas di tahun ini kita salurkan, karena kita pakai anggaran tahun 2024,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi