SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Mimika, membagikan sebanyak 3.000 ekor ayam dan 200 ekor babi, yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus (Otsus) untuk peternak yang merupakan orang asli Papua (OAP).

Kepala Seksi Pembibitan Disnakeswan Mimika, Yordan Ola menyebutkan, bahwa bantuan 3.000 ekor ayam itu dibagi oleh 3 distrik. Sebanyak 2.000 ekor untuk peternak di beberapa kampung yang ada di Distrik Tembagapura, 500 ekor untuk peternak wilayah Kota Timika, dan 500 ekor untuk peternak di Kampung Mannasari, Distrik Mimika Timur Jauh.

Selain bibit ayam, juga dibagikan bibit babi sebanyak 200 ekor juga untuk 100 kepala keluarga, yang ada di distrik pegunungan dan wilayah Kota Timika.

"Sekarang sudah dibagikan bantuan itu yang bersumber dari dana Otsus. Bantuan bibit ayam dan babi ini sekaligus dengan pakan dan bahan pembuatan kandang," kata Yordan di Grand Tembaga Hotel, Jalan Yos Sudarso, Selasa (3/9/2024).

Menurutnya, bantuan yang bersumber dari dana Otsus selalu dilakukan setiap tahun, dan difokuskan kepada OAP. Bukan hanya memberikan bantuan bibit ternak, Disnakeswan juga akan melakukan pengawasan dan pendampingan, sehingga peternak-peternak yang ada bisa berkembang.

"Memang banyak kendala untuk perkembangan peternakan, apalagi untuk peternak ayam itu sangat sulit bagi OAP. Mungkin karena animo OAP ini lebih kepada beternak babi dan orientasi hasilnya bernilai tinggi," ujarnya.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi