SALAM PAPUA (TIMIKA) - Adanya antrian BBM di semua SPBU Timika, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika sebut pengisian BBM di Timika akan segera normal.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika, Petrus Pali Ambaa mengatakan, permasalahan terkait pengantrian BBM di semua titik SPBU di Timika, dikarenakan keterlambatan kapal pembawa BBM akibat faktor cuaca yang kurang bagus.

“Saya telah konsultasikan dengan pihak Pertamina. Memang karena kapal yang membawa stok BBM masih dalam perjalanan sehingga stok menipis, dan membuat Pertamina menyalurkan BBM dengan batas tertentu,” ujarnya saat dikonfirmasi Salampapua.com, Jumat (6/9/2024).

Namun kata Petrus, info dari Pertamina hari ini BBM telah masuk sehingga besok tanggal 10 September pengisian BBM di SPBU akan kembali normal.

“Pertamina sudah bilang sebentar sore BBM sudah masuk di tangki penampung Depo Pertamina Jober Poumako. Jadi kami harap besok pengisian sudah normal,” ungkapnya.

Saat ditanya terkait pengawasan terhadap pengecer BBM yang menjual dengan harga tinggi, Petrus menjelaskan saat ini pihaknya bersama Pertamina lebih fokus kepada proteksi hulu. Di mana saat ini, pihaknya memberlakukan pembatasan kuota untuk penggunaan pertalite.

“Sesuai surat edaran Bupati, kita fokus dalam pembatasan pembelian pertalite, sehingga kita berharap kedepannya dengan program pembatasan menggunakan QR Code, dapat meminimalisir penjualan eceran di luar SPBU,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi