SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika, Reynold Ubra mengimbau semua masyarakat Mimika untuk mengunakan aplikasi “Puskemas Mimika“, agar bisa mendapatkan pelayanan yang cepat dan efisien saat melakukan pemeriksaan di lima Puskemas di wilayah Kota Timika.

Aplikasi tersebut dapat di-download di Playstore, dan lima puskesmas tersebut yakni Puskesmas Karang Senang, Puskemas Timika, Puskemas Pasar Sentral, Puskemas Wania, dan Puskemas Timika Jaya.

“Aplikasi ini sudah ada sejak akhir tahun 2023. Jadi masyarakat di Kota Timika kalau mau mendapatkan pelayanan kesehatan yang efisien bisa langsung download di Playstore. Kalau masih bingung bisa minta petugas Puskesmas aktifkan,” ujarnya saat ditemui Salampapua.com, Kamis (26/9/2024).

Menurutnya, dengan mengakses aplikasi Puskemas Mimika, semua pendaftaran bisa dilakukan secara online, bahkan untuk hasil pemeriksaan akan disampaikan secara online dan dapat diakses di handpohne masing-masing pasien. Juga untuk memesan layanan dan memilih dokter dapat dilakukan melalui aplikasi.

“Tujuan dari aplikasi ini, pelayanan bisa dipercepat, dan terjadi efisiensi pelayananan. Misalnya sering terjadi keterlambatan di loket pendaftatan 15 menit, setelah melakukan pendaftaran secara online, kita bisa segera terlayani dengan waktu 1 menit saja. Namun sebelum masuk, pasien harus scan barcode,” jelas Reynold.

Dengan kemudahan yang diberikan, maka Reynold mengharapkan semua warga Mimika bisa segera megunakan aplikasi Puskemas Mimika ini. Kedepannya, Dinkes Mimika akan menerapkan aplikasi tersebut ke wilayah lainnya, namun melihat lagi jaringan di setiap wilayah.

“Kita masih terus berusaha agar tahun 2025, Puskemas yang ada di pinggiran kota, bisa menerapkan aplikasi ini juga. Tapi kita lihat harus ada jaringannya, karena aplikasi menggunakan jaringan internet, dan ini bukti dari upaya Dinkes peningkataan pelayanan,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi