SALAM PAPUA (TIMIKA) - Penjabat (Pj) Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito mengatakan bahwa untuk Paripurna Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kabupaten Mimika tahun 2024 akan dilakukan minggu depan, karena ada defisit anggaran sebesar Rp 800 Miliar.

“Karena ada defisit Rp 800 Miliar saya mau lebih dalam untuk untuk penyusunan anggaran ini. Tidak banyak orang yang tahu bahwa penyusunan anggaran ini kita hanya menggunakan tafsir angka,” ujarnya usai melakukan rapat bersama OPD di Hotel Grand Tembaga Timika, Senin (9/9/2024).

Ia menjelaskan, pada saat ia menjadi Pj Bupati sebelumnya, dirinya sudah memperingatkan tim anggaran agar maksimal APBD di Rp 6 Triliun tetapi kenyataannya ditetapkan Rp 7,5 Triliun.

“Semua itukan hanya angka, kita itu kan sedang berusaha untuk mengejar defisit itu, sehingga jangan ada pembicaraan pimpinan baru mengambil dana tersebut. Kita harus luruskan dulu itu sehingga tidak ada yang dirugikan,” jelasnya.

Menurutnya, karena perhitungan dan kebijakan telah diambil maka beberapa kegiatan Dinas akan ditarik kembali dan kegiatan akan disesuaikan dengan penetapan APBD-P.

“Mungkin seperti kegiatan yang belum dilelang akan kita tarik, karena kalau kita paksakan juga anggaran bisa tidak terserap. Jadi kemungkinan kita tetapkan APBD-P Rp 6 Triliun,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy