SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pendaftaran rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika dapat dilakukan secara online melalui Aplikasi Sipoli RSUD Mimika. Direktur RSUD Mimika, dr. Antonius Pasulu, SpTHT MKes menjelaskan, saat ini pihaknya telah menyediakan Aplikasi Sipoli RSUD Mimika, untuk pendaftaran online bagi pasien rawat jalan. Di mana aplikasi ini dibuat untuk mengurangi penumpukan pendaftaran di loket.

“Untuk mengurangi tumpuknya pasien di loket dan juga lebih meminimalisir waktu pasien maka kita siapkan pendaftaran online. jadi bisa melakukan pendaftaran dirumah sebelum ke RSUD. Aplikasi dapat diunduh di Playstore,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (23/9/2023).

Ia menjelaskan, dalam Sipoli RSUD Mimika tersebut, memiliki banyak fitur. selain bisa melakukan pendaftaran online, pasien juga dapat mengetahui berbagai informasi.

“Jadi informasinya itu ada terkait ketersediaan tempat tidur. terus ada fitur keluhan pasien atau keperluan pasien terhadap pelayanan kesehatan kami,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, untuk proses pendaftaran di RSUD ada tiga cara yaitu melalui Sipoli RSUD Mimika secara online, kemudian melalui mesin pendaftaran mandiri, dan juga pendaftaran manual melalui loket.

“Untuk pendaftaran melalui mesin, kita sudah menyiapkan 2 mesin di lobi depan untuk melakukan pendaftaran secara mandiri,” ungkap Anton.

Ia menambahkan, untuk Aplikasi Sipoli, pihaknya belum melakukan sosialisasi ke masyarakat, namun aplikasi tersebut telah aktif dan dapat digunakan.

“Kita memang belum lakukan sosialisasi. Mungkin nanti 2 atau 3 minggu kita lakukan sosialisasinya, sekalian launching rekam medica elektronik. Namun aplikasinya sudah bisa digunakan,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi