SALAM PAPUA (TIMIKA)- Pemda Mimika terus mengusahakan agar pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2024 bisa segera ditetapkan. Pj Bupati sendiri Bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) gencar melakukan pertemuan agar hal ini segera ditetapkan. Hal itu disampaikan Pj Bupati Mimika, Valentinus S Sumito di Hotel Horison Diana Timika, Selasa sore (17/9/2024).

“Malam ini kita akan bertemu kembali dengan TAPD Pemda Mimika karena kita harus benar-benar menyesuaikan sehingga tidak menjadi beban kepala daerah berikutnya. Siapapun kepala daerah berikutnya kita harus bisa mendudukkan dia dalam posisi yang betul-betul stay untuk bisa melakukan pekerjaannya dengan baik, tidak dengan paksaan,” ujarnya.

Pj Bupati menegaskan, siapapun pejabat berikutnya sebagai pimpinan daerah tugas kita sekarang adalah memperbaiki berbagai hal, sehingga penyelenggaraan pemerintahan berjalan dengan baik.

Terkait angka APBD Mimika yang mengalami defisit sebesar Rp 800 miliar dan malah turun dari Rp 7,5 triliun menjadi Rp 6 triliun, menurut Pj Bupati setiap kepala daerah memiliki kiat masing-masing dalam mendapatkan target.

“Misalnya saat itu si A menargetkan lebih dari itu, karena pada waktu itu saya menargetkan Rp 5,8 triliun, namun begitu pergantian pejabat, mungkin yang bersangkutan punya asumsi saya bisa mendapatkan lebih dari pada Rp 5,8 triliun. Namun begitu setelah kita lihat kembali lagi rasionalnya ternyata tidak bisa lebih dari Rp 6 triliun sebenarnya. Mudah-mudahan kita  bisa tekan seminimal mungkin sehingga keuangan bisa berjalan dengan sehat dan saya yakin masih sehat,” terangnya.

Penulis/Editor: Sianturi