SALAM PAPUA (TIMIKA) - Tim sepak bola Papua Pegunungan kalah tipis 2-1 dari tim sepak bola Jawa Timur (Jatim) pada babak awal Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut, yang berlangsung di Stadion Blang Paseh Sigli, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, pada 2 September 2024.

Di babak pertama, tim sepak bola Jatim mulai tampil menekan atas tim Papua Pegunungan yang merupakan asuhan coach Aples Gideon Tecuari ini. Di babak ini tim Papua Pegunungan tertinggal 2 gol dari tim Jatim yang dicetak oleh pemain bernama Wigi Pratama di menit ke-18 dan 23.

Pada babak kedua, tim sepak bola Papua Pegunungan mencoba keluar dari tekanan dan pada menit ke-61, pemain Papua Pegunungan, Cosmas Kamarka berhasil menjebol gawang Jatim. Namun hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir, skor 1-2 untuk kemenangan tim Jatim.

"Memang kita akui mulai di babak awal ciri khas pemain kita yang biasanya membangun serangan itu tidak berjalan, makanya kondisi itu dimanfaatkan oleh Jatim," ujar Pelatih Kepala tim sepak bola Papua Pegunungan, Aples Gideon Tecuari saat dihubungi salampapua.com melalui sambungan telepon, Selasa (3/9/2024).

Menurut Aples, beberapa pemain Papua Pegunungan mengaku merasa tegang dan ada juga beberapa yang kelelahan setelah menempuh perjalanan dari tempat tinggal ke stadion pertandingan yang cukup jauh.

"Saya selaku Pelatih Kepala meminta maaf kepada seluruh masyarakat Papua Pegunungan atas kekalahan ini, namun kita harus pahami karena tim kita juga telah berjuang untuk keluar dari kondisi yang tegang dan terbukti berhasil membalas satu gol," ujarnya.

Kekalahan di awal pertandingan pada PON XXI ini, menurut Aples merupakan kelahan tipis, dan semua pemain akan tetap fokus serta berkomitmen untuk bisa tampil maksimal pada dua kali penampilan berikutnya saat melawan Riau dan Papua pada tanggal 8 dan 11 September 2024.

"Kita percaya apa yang menjadi harapan kita bersama bisa tampil maksimal pada dua kali pertandingan pada beberapa hari ke depan," tutupnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy