SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penjaringan Data Penyusunan Road Map Inovasi Daerah Kabupaten Mimika tahun 2025-2029, yang digelar di Hotel Horison Diana Timika, Rabu (11/9/2024).

Kepala Bappeda Mimika, Yohana Paliling mengatakan, pada tahun 2024 ada lebih dari 60 inovasi yang masuk dan diverifikasi ke Kementerian dari setiap OPD namun setiap inovasi harus memiliki road map sehingga penyusunan inovasi dapat dibuat secara lebih fokus dan jelas.

“Pembuatan inovasi ini kan harus jelas tentang arah inovasi ini ke mana, artinya ada panduan yang jelas tentang arah inovasi yang ingin kita capai sehingga kita bisa mempersiapkan sumber daya yang ada,” ujarnya.

Ia menjelaskan, setiap inovasi yang masuk akan diverifikasi tim dari Kemendagri selanjutnya tim akan memilah inovasi mana yang akan menjadi prioritas sehingga inovasi mempunyai dampak bagi Kabupaten Mimika.

“Jadi pembuatan inovasi ini juga akan melibatkan pihak swasta bahkan masyarakat, namun memang mereka tidak terlibat langsung di dalam pembuatan inovasi, mereka hanya memberikan masukan,” jelasnya.

Dalam pembuatan inovasi ini lebih kepada pelayanan publik, layanan dasar ke masyarakat, sehingga masyarakat dapat terlayani dengan lebih baik dan cepat serta meningkatkan taraf hidup masyarakat lebih produktif.

Ia menambahkan, untuk Kabupaten Mimika dinilai sangat rendah dalam inovasi di mana mendapatkan peringkat 391 dari 415 daerah inovasi.

“Kita memang masih rendah tingkat inovasinya, jadi kita pelan-pelan mengejar inovasi ini, sehingga kita berharap OPD bisa memberikan data-data yang tepat untuk menjadi dasar kuat pembuatan inovasi. Disdukcapil yang memiliki inovasi pelayanan publik yang baik di Mimika,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy