SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika terus melakukan percepatan penurunan angka stunting. Percepatan penurunan angka stunting kali ini dilakukan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak & Keswan) Mimika yang berkolaborasi bersama Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dengan pemberian bantuan telur dan daging ayam bagi keluarga berisiko stunting.

Pemberian bantuan ini dilakukan di Kampung Karya Kencana, Distrik Kuala Kencana, Timika, Papua Tengah, Rabu (9/10/2024).

Kepala Disnak & Keswan, drh Sabelina Fitriani mengatakan, program ini merupakan program kolaborasi lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan berharap, dari sisi peternakan dapat membantu untuk menurunkan angka stunting pada tahun 2024.

“Kita dari Dinas Peternakan ini juga harus terlibat dalam penurunan angka stunting, maka dengan pemberian daging ayam dan telur ini berharap dapat memenuhi kebutuhan protein masyarakat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bantuan diberikan kepada 3 kampung wilayah Kota, yaitu, Karya Kencana, Iwaka dan Kebun Siri dengan jumlah penerima 280 Kepala Keluarga (KK). Selanjutnya pihaknya akan memberikan bantuan kepada Distrik Mimika Timur Jauh dan Kokonao, Distrik Mimika Barat untuk beberapa kampung dengan total penerima 530 KK.

“Jumlah penerima ini sesuai dengan jumlah keluarga beresiko stunting di setiap wilayah,” jelasnya.

Selanjutnya, Kepala Puskesmas Karya Kencana, Mariana Sombo Datu mengatakan, pemberian bantuan ini untuk penanganan stunting bersama. Dia berharap dengan adanya bantuan ini, semua anak bisa bertumbuh sehat, sebab anak umur 0-5 tahun, merupakan masa pertumbuhan yang paling penting sehingga menghasilkan anak emas.

“Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dari Pemkab Mimika. Sebab kami dari Puskesmas tidak akan bisa berjalan sendiri sehingga harus bersama-sama jalan lintas OPD,” ucapnya.

Mewakili Plt Kepala Kampung Karya Kencana, Perlin Wonda mengucapkan terimakasih kepada Dinas Peternakan Mimika yang telah memperhatikan masyarakat dengan pembagian bantuan protein kepada masyarakat.

“Saya berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi masayarakat semua,” harapnya.

Diketahui, pemberian bantuan ini juga berkolaborasi bersama Dinas Pertanian Mimika dan juga Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) sebagai pemantau angka stunting.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi