SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pj Bupati Kabupaten Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito mengatakan, beberapa waktu lalu Timika mendapat kunjungan langsung dari Komisi Nasional Disabilitas (KND), dan dalam pertemuan tersebut, KND menyampaikan terkait kota ramah disabilitas.

“Memang beberapa waktu lalu, kita didatangi KND, membicarakan soal kota ramah disabilitas. Karena ini baru pertemuan awal, jadi baru sebatas pengenalan saja, tetapi pada intinya, mereka ingin Pemkab Mimika bisa mendorong hal itu,” ujar Valentinus saat ditemui salampapua.com, Rabu (9/10/2024).

Ia menjelaskan, untuk mendukung rencana tersebut, Pemkab Mimika harus memastikan adanya payung hukum terlebih dahulu yaitu Peraturan Daerah (Perda), sebelum nantinya merealisasikan Kota Ramah Disabilitas.

“Nantinya akan ada pertemuan kedua, dan saya akan mengundang semua OPD dan Forkopimda juga untuk membahas hal ini,” jelasnya.

Sehingga nantinya pembangunan yang dilakukan oleh semua OPD, baik itu fasilitas publik, kantor Pemerintah dan juga kantor-kantor BUMN, BUMD dapat mendukung para disabilitas, agar mereka bisa melakukan aktifas selayaknya orang pada umumnya.

“Kalau kota ramah disabilitas itu pastinya harus memiliki fasilitas pendukung yang sesuai, sehingga perlu adanya keterlibatan semua stakeholder,” pungkas Valentinus.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi