SALAM PAPUA (NABIRE) – Pasangan Meki Nawipa dan Deinas Geley secara resmi mendeklarasikan maju sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Tengah, yang kegiatan deklarasinya dipusatkan di lapangan kali harapan, Nabarua Atas, Kabupaten Nabire, Papua Tengah, Rabu (28/8/2024).

Pantauan salampapua.com, tampak lautan massa pendukung dan para simpatisan dari 8 Kabupaten di Provinsi Papua Tengah yang dengan sukarela datang ke Nabire, lokasi digelarnya deklarasi, sempat melumpuhkan arus lalu lintas di seputaran Nabire.

Saat deklarasi, pasangan yang dikenal dengan singkatan MeGe ini dan diusung 5 partai pendukung yakni PDI Perjuangan, PAN, PPP, PBB dan PKN, sempat didoakan oleh tokoh-tokoh rohaniawan/rohaniawati di Kabupaten Nabire.

Dalam orasinya, Calon Gubernur Papua Tengah, Meki Nawipa mengatakan bahwa persoalan menjadi pimpinan daerah di Provinsi Papua Tengah harus menjaga harga diri dan menaruh pondasi yang kuat supaya kita dan anak-anak cucu kita, khususnya orang Asli Papua menjadi tuan di atas tanahnya sendiri.

Mantan Bupati Paniai 2019-2024 ini menegaskan, orang Papua yang selama ini pendidikan dan ekonominya susah, enough is enough, sudah cukup dan kita bangkit kembali untuk menjadi tuan di atas tanah ini.

“Saya terbang 15 tahun, saya hadapi awan, saya hadapi badai, hujan, kilat, guntur, lapangan licin, lapangan terjal, hanya untuk menghadapi orang-orang politisi kecil ini, saya sudah diuji. Besok itu katanya ada empat (pasangan calon) yang akan berhadapan di Papua Tengah, tiga ini kuningan, yang emas punya adalah orang Intan Jaya, orang Paniai, dan orang Meepago. Harga diri harga mati. Kita bertarung di atas tanah ini. Kita harus lihat track recordnya. Kamu pastikan tanggal 27 November 2024 (saat Pilkada), kamu pilih saya dengan Deinas Geley, saya pastikan kamu aman, saya pastikan kau punya anak sekolah baik, kamu punya kesehatan jalan, dan ekonomi jalan, semua dari pegunungan hingga pesisir kita bangun dasar yang bagus di atas tanah ini. Hari ini Tuhan sudah tolong kita, dan hari ini kita akan daftar di KPU (Papua Tengah), serta kita akan keluar sebagai pemenang,” ujar mantan pilot ini.

Sementara Calon Wakil Gubernur, Deinas Geley dalam orasinya menyempatkan diri untuk menyampaikan yang terutama berterima kasih kepada Tuhan atas semua proses yang telah berjalan ini.

Mantan Wakil Bupati Puncak Jaya 2017-2022 ini pun secara tegas mengajak secara khusus dari Deiyai, Dogiyai, Paniai untuk mengikat suara dan memberikan kepadanya dan Meki Nawipa pada Pilkada untuk menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Tengah periode 2024-2029.

“Hari ini saya mau mengaku dan mau jujur kepada orang tua saya dari suku Mee, dari Dogiyai, Paniai, dan Deiyai, yang mengajar saya suku Dani, adalah guru yang mengajar dan menolong kami hingga berada saat ini. Saya tidak bisa melawan, saya harus menghormati jasa guru saya. Karena mereka mendidik kami, kami orang Dani bisa menjadi Bupati dan orang-orang hebat, maka saya harus tunduk kepada teman-teman dari suku Mee,” ungkapnya.

Penulis/Editor: Jimmy