SALAM PAPUA (TIMIKA) - Empat anak Papua penerima beasiswa dari Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) yang merupakan pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia (PTFI) berhasil menyelesaikan studinya di Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi.

Keempat anak tersebut adalah Oktovianus Uamang yang merupakan anak asli suku Amungme, Gabriel Katagame suku Amungme, Sema Yoni Roberth Edowa suku Mee dan Bernadetha F. Watke suku Papua Lainnya. Kempatnya dinyatakan lulus dan diwisuda pada 10 Agustus 2024 di Banyuwangi.

Kepala Divisi Program Sosial Ekonomi YPMAK, Billy Korwa menyampaikan selamat atas pencapaian keempat penerima beasiswa yang telah menyelasaikan studinya di API Banyuwangi sebagai pilot.

“Kami dari YPMAK mengucapkan selamat atas kelulusan yang didapatkan, ini merupakan langkah awal dalam dunia penerbangan bagi anak-anak Papua penerima beasiswa,” ujarnya kepada salampapua.com, Rabu (14/8/2024).

Menurut Billy, keempat lulusan ini masih harus melakukan berbagai persyaratan sebelum nantinya menjadi seorang pilot. Sehingga YPMAK berharap keempat mahasiswa dapat mengembangkan ilmu yang didapatkan dengan baik agar mencapai tujuan yang diinginkan.

“Masih ada berbagai persyaratan yang harus dilakukan keempat lulusan tersebut sebelum menjadi pilot, maka kami berharap mereka dapat mengembangkan ilmu yang didapatkan sehingga keinginan mereka dapat terwujud,” jelasnya.

Dirinya juga berharap adanya dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika dan stakholder lainnya, sehingga kelanjutan proses keempat lulusan ini bisa tercapai.

“Kami harap Pemkab juga melihat anak-anak ini sehingga proses yang akan dilanjutkan bisa sesuai harapan masyarakat. Dimana anak-anak ini bisa menjadi pilot yang memiliki daya saing di dunia penerbangan seperti Alion Belau, bahkan mereka bisa lebih baik sebagai anak Papua yang sukses,” harapnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy