SALAM PAPUA (TIMIKA) - Setelah mengikuti beberapa tahapan seleksi, Dr. Leonardus Tumuka asal Suku Kamoro, Kabupaten Mimika, terpilih sebagai Direktur Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) periode 2024-2029.

Hasil ini diumumkan langsung oleh Ketua Pembina YPMAK, Engel Enoch dalam Jumpa Pers yang dilakukan di Hotel Horison Diana Timika, Sabtu dini hari (3/8/2024).

Engel Enoch saat menyampaikan keputusan bersama mengatakan bahwa proses seleksi dan rekrutmen telah dimulai dengan pengumuman pendaftaran untuk menjadi Pengurus YPMAK periode 2024-2029 yang dibuka pada tanggal 14 Juni 2024 dan ditutup tanggal 2 Juli 2024.

Dari jumlah pelamar sebanyak 79 orang, 41 orang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Kandidat yang lolos seleksi administrasi kemudian mengikuti Tes Potensi pada tanggal 9 Juli 2024 dan sebanyak 28 orang yang lolos Tes tersebut.

“Kandidat yang lolos Tes Potensi kemudian mengikuti Assessment Center dan Pemeriksaan Kesehatan pada tanggal 15-19 Juli 2024 dan sebanyak 12 orang yang lolos seleksi,” ujarnya.

Setelah melalui beberapa tahapan seleksi tersebut, maka 12 kandidat berhak untuk mengikuti tahap akhir seleksi yaitu dilakukan wawancara oleh dewan Pembina YPMAK yang dilaksanakan pada Kamis dan Jumat, tanggal 1-2 Agustus 2024.

Jumlah peserta yang diundang sebanyak 12 kandidat dan yang hadir 11 kandidat, dimana 1 kandidat mengundurkan diri. Dalam tahapan ini, kandidat mempresentasikan visi-misi mereka terkait YPMAK dan diinterview oleh dewan Pembina.

“Kemudian hari Jumat, tanggal 2 Agustus 2024 pada pukul 21.00-23.50 WIT dewan Pembina membahas, memilih dan menetapkan Pengurus YPMAK Periode 2024-2029 melalui musyawarah mufakat,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, berdasarkan hasil wawancara bersama Pembina YPMAK, telah terpilih 4 orang yang akan mengisi posisi Pengurus YPMAK Periode 2024-2029.

Ketua Pengurus (Direktur) dijabat oleh Leonardus Tumuka, Laki-laki dari Suku Kamoro; Wakil Direktur bidang Perencanaan Program dijabat Feri Magai Uamang, Laki-laki Suku Amungme; Wakil Direktur bidang Pemantauan dan Evaluasi Program dijabat Hendhaotje Watory, Laki-laki Papua Lainnya; dan Sekretaris YPMAK dijabat Kristianus Ukago, Laki-laki Suku Mee.

“Kita lihat komposisinya 4 yang terpilih semuanya laki-laki dan memang pada 11 kandidat ada 1 kandidat perempuan namun setelah menjalankan tahapan wawancara, kandidat tersebut tidak masuk pada kriteria yang Pembina tetapkan,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, tugas Panitia Seleksi (Pansel) Pengurus YPMAK terkait dengan proses seleksi sudah berakhir dan selanjutnya Pansel Pengurus akan fokus pada pelatihan, magang dan orientasi atau induksi pekerjaan kepada Pengurus YPMAK terpilih, mulai bulan Agustus sampai Desember 2024, termasuk memimpin kegiatan seremoni pergantian pengurus pada tanggal 18 Desember 2024 nanti.

“Rapat pembina dihadiri oleh keseluruhan anggota Pembina dan semua proses telah direview dan divalidasi oleh Konsultan Hukum dan Notaris YPMAK, serta dinyatakan sah dan resmi. Oleh karena itu, keputusan Pembina ini adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat,” tegasnya.

Semua hal yang berhubungan dengan proses seleksi dan keputusan Pengurus ΥΡΜΑΚ 2024-2029 adalah tanggung jawab Pembina. Sehingga apabila ada pihak- pihak yang hendak mendapatkan informasi lebih lanjut, memberikan masukkan atau keluhan, dapat menghubungi Pembina YPMAK.

Untuk diketahui, Dewan Pembina YPMAK terdiri dari Perwakilan Pemerintah Kabupaten Mimika, PT Freeport Indonesia, Lembaga Adat Kamoro, dan Lembaga Adat Amungme.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy