SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pantauan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mimika menunjukkan, bahwa hujan akan terus mengguyur wilayah Mimika hingga waktu yang belum dipastikan.

"Hujan di Timika belum berakhir dan masih berlangsung. Kami akan pantau terus pada bulan berapa hujan ini mulai menurun, kita pantau terus dengan data-data yang ada," ujar Forecaster BMKG Timika, Fitria Nur Dadlilah saat ditemui Salampapua.com, Senin (26/8/2024).

Secara klimatologis menurut Fitria, khusus wilayah Mimika untuk Juli dan Agustus merupakan puncak bulan basah dan selalu terjadi curah hujan tinggi.  Juli dan Agustus cendrung muncul awan-awan yang merata, akan tetapi tetap ada awan yang berpotensi petir, hujan cenderung deras disertai angin yang cukup kencang.

"Juli dan Agustus 2024 ini kita lihatnya dalam kondisi normal, karena secara klimatologis itu sudah terjadi tiap tahunnya di Timika," ujar Fitria.

Sedangkan untuk cuaca laut, berdasarkan informasi  stasiun maritim Merauke khusus perairan Agats - Amamapare wajib waspada, dengan adanya  angin kencang yang mempengaruhi tinggi gelombang.

"Pagi ini terjadi angin dan gelombang yang tinggi di perairan Agats-Amamapare dengan pusat angin yang berubah-ubah dari timur, barat, tenggara dengan kecepatan 8-15 knot dan tinggi gelombang 0-5-1,2 meter. Jadi perlu waspada," ujarnya.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi