SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pembina Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) melakukan tes wawancara bagi 12 calon pengurus YPMAK periode 2024-2029, yang dilaksanakan di Hotel Horison Diana Timika, Kamis (1/8/2024).

Juru Bicara Pansel pengurus YPMAK 2024-2029, Anace Hombore mengatakan, pada tes wawancara, masing-masing kandidat melakukan presentasi terkait visi-misi menjadi seorang pengurus YPMAK. Presentasi visi-misi sesuai dengan posisi jabatan dan tes tersebut diuji oleh 7 pembina.

“Tes dilakukan oleh 7 pembina yang merupakan perwakilan dari PT Freeport Indonesia, 2 lembaga adat (Lemasa dan Lemasko), dan Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika," ujarnya.

Pelaksanaan tes wawancara sendiri dilakukan selama 1 hari. Karena besoknya akan langsung diumumkan siapa-siapa yang lolos.

"Pada tes wawancara, pembina juga sudah dipegangi laporan atau hasil dari tes yang sudah diikuti oleh para kandidat, mulai dari seleksi, tes potensi, tes assessment, dan medical checkup," jelasnya.

Ia mengungkapkan, para kandidat dalam tes wawancara diberikan waktu 45 menit. Dari waktu itu, 5 menit untuk menyampaikan presentasi. Selanjutnya dilakukan tanya jawab dari pembina kepada kandidat.

"Melalui prosedur itu, maka pembina akan melihat para kandidat mana yang cocok untuk mengurus YPMAK selama 5 tahun ke depan," ungkapnya.

Sebelumnya kata Anace, pelaksanaan tes wawancara dengan pembina, para kandidat sudah diberikan arahan dari Pansel terkait persiapan. Selain itu, dalam arahan juga disampaikan bahwa setelah seleksi dan apabila terpilih menjadi pengurus, maka kandidat yang lolos akan mengikuti pelatihan mulai bulan Agustus sampai Desember 2024 nanti.

"Untuk pelatihannya akan dilakukan di dua tempat, yaitu di Timika dan luar daerah," katanya.

Lanjut Anace, bagi yang kandidat gang lolos menjadi pengurus YPMAK, harus mengisi surat pernyataan pengunduran diri dari jabatan sebelumnya, apabila kandidat tersebut memiliki pekerjaan lainnya.

"Kemarin kandidat juga menandatangani surat peryataan sanggup mengundurkan diri dari pekerjaan lain, apabila terpilih sebagai pengurus YPMAK," pungkasnya.

Berikut 12 orang yang mengikuti tes wawancara pengurus YPMAK periode 2024-2029:

1. Jabatan Direktur

a. Antonius Kemong (Amungme)

b. Leonardus Tumuka (Kamoro)

c. Yohanis Mamiri (Kamoro)

2. Jabatan Wakil Ketua Pengurus Pemantauan dan Evaluasi Program (Wakil Direktur Pemantauan dan Evaluasi Program)

a. Fansiskus Xaverius Wanmang (Amungme)

b. Hendhaotje Watory (Papua Lainnya)

c. Raimondus Arnold Kelanangame (Amungme)

3. Jabatan Wakil Ketua Pengurus Perencanaan Program (Wakil Direktur Perencanaan Program)

a. Adolfina Kuum (Amungme)

b. Feri Magai Uamang (Amungme)

c. Lazarus Bugaleng (Amungme)

4. Jabatan Sekretaris (Wakil Ketua Pendukung)

a. Kristianus Ukago (Mee)

b. Roberto Yos Victorio Tenau (Papua Lainnya)

c. Semuel Sanggenafa (Papua Lainnya).

Penulis: Evita

Editor: Sianturi