SALAM PAPUA (TIMIKA) – Dalam rangkaian kegiatan memeriahkan HUT ke-79 RI, PT Freeport Indonesia (PTFI) melalui Community Affairs Division bekerjasama dengan PT MPPA (PRIMO), Pemerintah Distrik Tembagapura dan Satgas Tergelar menggelar Bazar kepada masyarakat setempat, yang diselenggarakan di Lapangan Waa Banti 2, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Rabu (14/8/2024).

Hadir pada kegiatan ini Kadistrik Tembagapura Thobias Yawame, perwakilan dari PTFI Rolly Nelwan, Danramil Tembagapura Kapten Chb Eliazar Manuk Allo, dan pimpinan PT MPPA (PRIMO) Erik Hadiwijaya.

Kadistrik Tembagapura Thobias Yawame saat membuka kegiatan dalam sambutannya menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan Bazar di Banti ini.

“Terima kasih juga kepada Ibu-Ibu relawan yang selama ini telah sabar dan berkontribusi dalam membimbing dan mendidik anak-anak usia sekolah di honai belajar,” ujar Thobias.

Sementara itu, Danramil Tembagapura Kapten Chb Eliazar Manuk Allo dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Bazar tersebut.

Di samping itu Kapten Chb Eliazar juga mengatakan agar pendidikan bagi anak-anak usia sekolah di wilayah Waa Banti selalu diperhatikan dan bahkan menjadi prioritas oleh pemerintah distrik setempat serta pihak terkait lainnya.

“Selain kegiatan Bazaar yang cukup baik diselenggarakan, acara ini juga oleh kita dan untuk kita. Pendidikan anak-anak usia sekolah di wilayah Waa Banti juga perlu diperhatikan karena selama ini Ibu-ibu relawan dari PTFI sudah membuka Honai Belajar dan bekerjasama dengan Satgas Tergelar. Selain itu fasilitas kesehatan juga sudah ada di Banti yakni Rumah Sakit Waa Banti,” ungkapnya.

Sedangkan mewakili manajemen PTFI, Rolly Nelwan turut menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengambil bagian sehingga kegiatan Bazar tersebut dapat terlaksana, baik dari unsur pemerintah, satuan pengamanan, PRIMO sebagai mitra Perusahaan, dan masyarakat serta para Tokoh Masyarakat.

“Bazaar ini merupakan salah satu rangkaian acara yang digelar oleh Panitia HUT ke-79 RI PTFI di Tembagapura. Mulai pemasangan bendera, pertandingan bola voli dan futsal antar kampung, dan tentunya acara puncak nanti yaitu upacara pengibaran Bendera Merah-Putih pada tanggal 17 Agustus 2024,” kata Rolly.

Kegiatan bazar yang dimulai sejak pukul 09.00 WIT pagi dan didukung dengan perlengkapan meja, kursi, tenda, dan sound system oleh tim Community Affairs PTFI yang bekerja di Banti ini disambut antusiasme dari masyarakat setempat. Ibu-Ibu, anak-anak, dan pria dewasa tampak mengantre di depan booth Bazar untuk membeli sembako dan keperluan rumah tangga lainnya.

Kegiatan ini juga disertai dengan fun games untuk anak-anak dengan semarak Merah-Putih. Tampak sekitar 100 anak-anak mengikuti acara fun games yang dipandu Ibu-Ibu relawan, para anggota dari Satgas Tergelar, para karyawan Community Affairs PTFI, serta para ASN dari Pemerintah Distrik Tembagapura. Beberapa hadiah menarik disediakan untuk memotivasi dan menjadi daya tarik bagi anak-anak usia sekolah dasar dalam mengikuti fun games tersebut. Beberapa Fun Games Education juga diikuti dengan gembira dan cukup menambah suasana kemeriahan.

“Para Tokoh masyarakat juga tampak hadir dalam acara ini sehingga acara Bazar dan Fun Games untuk anak-anak usia sekolah meriah dari warga Lembah Waa Banti. Nusantara Baru Indonesaia Maju itulah jargon acara HUT ke-79 RI Nasional tahun ini. Semoga acara seperti ini dapat membawa manfaat yang baik terutama bagi masyarakat di Lembah Waa Banti,” tutup Rolly.

Penulis/Editor: Jimmy