SALAM PAPUA (TIMIKA) - Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung memberikan pelatihan bagi Pengurus terpilih Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) periode 2024-2029, yang dilaksanakan di Horison Diana, Selasa (24/9/2024).

Pelatihan ini sebelumnya telah dilakukan penandatangan MoU antara Ketua Pembina YPMAK, Engel Enoch dengan pihak Unpad yang diwakili Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Unpad.

Ketua Pembina YPMAK, Engel Enoch mengatakan, pelatihan yang dilakukan ini merupakan awal bagi pengurus terpilih dalam menjalankan tugas dan kewenangannya nanti. Oleh itu, pelatihan ini sangat penting bagi pengurus terpilih, terutama nantinya dalam menjalankan tata kelola berjalan. Serta peningkatan kapasitas pengurus dalam menjalankan tugasnya.

“Kita harap semua pengurus terpilih dapat memahami tujuan dari pelatihan yang diberikan,” ujar Engel.

Ia menjelaskan, sebagai Pengurus YPMAK, diharuskan dapat menyelaraskan tujuan, visi dan misi, serta anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) yang telah ditetapkan. Serta ada beberapa hal yang harus dipahami dan dijalankan, seperti rencana strategis (Renstra).

"Banyak hal yang sudah dilakukan sebelum ada YPMAK ini prosesnya panjang, mulai dari PWT2 sampai dengan LPMAK di tahun 2002 dan sekarang berubah jadi YPMAK. Tentunya pada saat transisi, maka harus dipahami dan dimengerti tentang pelaksanaan tugas dan wewenang. Sehingga apa yang ingin dicapai ini berjalan dengan baik," harapnya.

Sementara itu Pengurus YPMAK, Samuel Rorimpandey mengatakan, kepada para pengurus YPMAK terpilih harus membangun chemistry atau kedekatan. Sehingga pelaksanaan tugas dan program bisa bersinergi dan berjalan.

"Setiap pengurus YPMAK terpilih harus saling paham karakter setiap pengurus, sehingga pemahaman tersebut dapat membangun kebersamaan. Jadi selain pelatihan nanti ada kumpul bareng antar pengurus," ungkapnya.

Sedangkan Dekan Fisip Unpad, Prof Dr R Widya Setiabudi Sumadinata menyampaikan, pihaknya mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan dalam melatih para pengurus YPMAK terpilih. Pelatihan ini dilakukan, agar para pengurus YPMAK terpilih ini bisa menjalankan amanah yang diberikan oleh pembina dan masyarakat.

“Memang tidak mudah melakukan perubahan kepada masyarakat. Tetapi hal itu harus dilakukan demi kesejahteraan masyarakat, maka, pelatihan atau refreshing penting, agar pengurus terpilih bisa melakukan inovasi dalam menjalankan tugasnya,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi