SALAM PAPUA (TIMIKA) - Yayasan Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) selaku pengelola Dana Kemitraan PT Freeport Indonesia, kembali membentuk Kelompok Kerja (Pokja) tahun 2024 di Kampung Ohotya Distrik Mimika Timur Jauh, yang dilaksanakan di Balai Kampung Ohotya, Rabu (18/9/2024).

Anggaran Pokja 2024 ini sebesar Rp 300 juta, dengan rincian Rp 60 juta anggaran oprasional, Rp 240 juta anggaaran digunakan untuk menjalankan program dan program akan difokuskan dengan pembuatan jalan tailing di Jalan Kampung Lama Ohotya.

Kepala Kampung Ohotya Bernardus Irahewa mengatakan, pemilihan Ketua Pokja 2024, telah dilakukan, dan masyarakat memilih untuk Pokja 2023 kembali ditetapkan menjadi pengurus Pokja 2024.

“Kami tetap memilih pengurus lama. Namun kami minta kepada YPMAK, sebelum pembentukan pengurus dapat memberikan waktu, sehingga masyarakat bisa mendiskusikan lebih lama ataupun apabila ada pergantian, ketua lama dapat menjelaskan pekerjaannya,” ucap Bernardus.

Selanjutnya, Staf Divisi Ekonomi YPMAK, Febri Sianipar mengatakan, pembentukan Pokja dijadwalkan di Bulan Mei. Namun adanya beberapa kendala, salah satunya cuaca yang kurang mendukung sehingga tim YPMAK baru sampai di Bulan September.

“Untuk tahun ini kita sahkan pengurus 2023 menjadi pengurus Pokja 2024. Yang lama ini juga bukan orang baru dan semua pekerjaannya berjalan dengan baik, bahkan memiliki laporan kerja yang rapi,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pokja 2024, Daniel Bipoaro mengatakan, tahun 2024 pihaknya bersama semua masyarakat akan memfokuskan anggaran pada pembuatan jalan tailing di Jalan Kampung Lama Ohotya.

“Rp 200 juta akan kita fokuskan pada pembuatan jalan tailing, Rp 40 juta kita gunakan sebagai modal usaha, sehingga hasilnya dapat dijadikan modal bagi kelompok kerja,” ungkapnya.

Diketahui struktur Pokja Ohotya 2024 yaitu Ketua Pokja, Daniel Bipoaro, Sekretaris Pokja Frans Matinarewa, Bendahara Pokja Adam Irahewa, Anggota I Dortea Aniparo, Anggota II Yulius Apewa.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi