SALAM PAPUA (KAIMANA)- Halo semuanya! Apa kabar? Semoga anda sehat-sehat selalu ya! Berada di selatan Provinsi Papua Barat tepatnya di Kampung Nusa Ulan, Distrik Buruway. Air Terjun Karawawi ini memiliki tinggi sekitar 145 meter.

Keindahan air terjun ini memang luar biasa indahnya, tapi masih belum banyak orang yang tau dan belum banyak wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini. Berbeda dengan air terjun lain yang airnya deras hanya di musim penghujan, air terjun di sini tidak pernah mengering dan debit airnya selalu banyak di segala musim.

Makanya, tidak ada waktu berkunjung khusus untuk datang ke sini, karena anda bisa datang kapanpun anda mau untuk pergi pesona Papua dengan segala tempat wisata yang ada. Sesampainya di Air Terjun Karawawi ini, anda akan langsung disambut dengan jernihnya air dengan warna biru kehijauan.

Yang pasti bikin anda ingin langsung melompat dan menyebur dan berlama-lama di sana. Bebatuan alami dengan berbagai ukuran yang ada di sekitar air terjun. Bebatuan alami tersebut, menambah keindahan pemandangan sekitar, dan bisa dimanfaatkan sebagai media untuk terjun dan berenang.

Belum lagi pemandangan hutan yang mengelilingi air terjun ini, yang membuat suasana semakin sejuk karena rindang pohon di sekitarnya. Dijamin jadi pengalaman berlibur ke Indahnya pesona Air Terjun Karawawi di Papua yang tidak terlupakan.

Keindahan Air Terjun Karawawi Yang Tersembunyi

Ada banyak air terjun di Indonesia yang mungkin bentuknya serupa dengan air terjun ini Namun beda air terjun tentu saja beda pula cerita perjalanannya. Bumbu-bumbu selama perjalanan ini yang bagi sebagian orang tidak kalah mengasyikkan dengan destinasinya itu sendiri.

Karawawi Waterfall tidak bisa dijangkau dengan transportasi darat. Anda mau tidak mau harus menggunakan transportasi laut, speedboat. Bagi yang menyukai aktivitas traveling yang sedikit menantang, air terjun ini layak sekali masuk dalam daftar destinasi yang bisa dikunjungki.

Apalagi lokasinya jauh dari daerah Anda dan tidak banyak orang yang sudah pernah datang kemari. Berjalan dari pantai ke lokasi air terjun, Anda suadh disuguhkan dengan pemdangan alam yang menakjubkan.

Hutan yang rindang, asri, dan alami. Serta sungai dengan air yang sangat jernih dan menyegarkan. Tiba di lokasi, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun dengan bentuk yang indah dan ukuran yang lumayan besar dan tinggi.

Kebanyakan air terjun tingginya tidak mencapai 100 meter. Air terjun ini tingginya sekitar 135 – 145 meter. Lumayan tinggi bukan? Lokasinya pun cukup unik. Berada tidak terlalu jauh dari pantai. Dengan garis lurus mungkin sekitar 500an meter.

Jika membawa drone, Anda dapat merekam foto atau video dengan sudut menarik. Bisa merekam air terjun ini dengan latar belakang perbukitan dan pantai di kejauhan. Jika menyukai tempat indah dan sepi, akan terasa sayang jika hanya sebentar menngunjunginya. Apalagi perjalanannya cukup lama dan jauh.

Akses Menuju Air Terjun Karawawi Papua

Dari Pelabuhan Kaimana, anda harus berlayar sekitar 3 jam untuk sampai ke wilayah Nusa Ulan. Lalu untuk sampai ke Air Terjun Karawawi. Anda harus menembus hutan dari bibir pantai Nusa Ulan yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit.

Memang perlu perjuangan untuk menikmati surga kecil di Kaimana ini, karena belum ada pihak yang mengelola tempat indah ini. Belum ada akses yang memadai untuk sampai ke Air Terjun Karawawi. Selain karena jaraknya yang cukup jauh.

Air terjun ini juga belum ada sarana penunjang bagi para wisatawan yang seharusnya ada, seperti toilet atau tempat bilas. Tapi tenang, anda tetap bisa menikmati keindahan Air Terjun Karawawi dengan berenang dan bersantai sepuasnya kok. Selamat menikmati kepingan surga kecil di Papua Barat ini ya!

Kami juga menyediakan Paket Wisata Raja Ampat untuk anda yang ingin berkunjung langsung ke wisata yang satu ini. (Pesona Papua)

Editor: Sianturi