SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kompor gas yang meledak menjadi penyebab utama terjadinya kebakaran yang menghanguskan bangunan rumah lima petakan di Jalan Mangga, Jalur 3, SP2, Kelurahan Timika Jaya, Kabupaten Mimika, Minggu (1/9/2024).

"Penyebabnya kompor gas yang meledak. Saya terima telepon dari adik saya sekitar jam 11.00 WIT lewat dan saya cepat-cepat menuju kantor Damkar di SP2," ungkap Palalloi pemilik petakan saat ditemui salampapua.com, Minggu (1/9/2024).

Anggota Brimob ini mengatakan bahwa dari bangunan lima petakan tersebut, ada dua petakan yang dijadikan satu dan ditempati adik kandungnya.

"Saya tinggal di asrama Brimob, yang tinggal di petakan ini adik saya dan istrinya, tapi hari ini mereka masak dan sempat tinggalkan kompornya makanya meledak. Ada tiga petakan yang dikontrakan," ujarnya.

Menurut dia, petakan tersebut merupakan bangunan permanen dan kerugian yang dialami atas peristiwa kebakaran tersebut bisa mencapai Rp 400.000.000.

"Petakan ini dibangun sekitar 5 atau 6 tahun lalu, kemungkinan terhitung tanah dan biaya bangun bisa mencapai Rp 400.000.000," jelasnya.

Meski demikian, ia menerima dengan ikhlas musibah yang menimpanya, dan menyempatkan diri mengimbau kepada seluruh masyarakat Mimika untuk tetap berhati-hati agar tidak mengalami musibah yang sama.

"Saya ikhlaskan dan ini jadi pelajaran bagi seluruh masyarakat Mimika supaya lebih berhati-hati, kalau memang menyalakan kompor harus tetap dipantau," tutupnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy