SALAM PAPUA (NABIRE) – KPU Provinsi Papua Tengah menggelar deklarasi kampanye damai Pilkada Papua Tengah 2024, yang diselenggarakan di taman gizi, Nabire, Selasa sore (24/9/2024).

Kegiatan ini dibuka Ketua KPU Papua Tengah Jennifer Darling Tabuni, dan dihadiri Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk, empat Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Papua Tengah bersama Partai Politik pengusung masing-masing dan tim pemenangannya, Bawaslu Provinsi Papua Tengah, Forkopimda Papua Tengah, pada undangan, dan ratusan masyarakat di seputaran Nabire.

Di pembukaan kegiatan, perwakilan dari tokoh-tokoh agama diundang ke depan untuk mendoakan proses Pilkada 2024 di Provinsi Papua Tengah.

Diketahui empat Paslon Gubernur dan Wagub Provinsi Papua Tengah adalah Paslon nomor urut 1: Jhon Wempi Wetipo dan Ausilius You, Paslon nomor urut 2: Natalis Tabuni dan Titus Natkime, Paslon nomor urut 3: Meki Frits Nawipa dan Deinas Geley, serta Paslon nomor urut 4: Willem Wandik dan Aloysius Giyai.

Ketua KPU Papua Tengah Jennifer Darling Tabuni dalam sambutannya mengatakan agar seluruh komponen masyarakat dapat menikmati pesta demokrasi ini dengan hati yang damai dan sukacita, serta dengan cara-cara yang benar dan bertanggung jawab, agar Tuhan memilih pemimpin yang takut akan Tuhan dan mempunyai jiwa untuk melayani masyarakat.

Dia mengungkapkan bahwa pada tanggal 25 September 2024 sudah mulai masuk tahapan kampanye tertutup, kemudian dilanjutkan dengan kampanye terbuka. Selanjutnya KPU Papua Tengah akan menyelenggarakan debat kandidat sebanyak 3 kali, dimana 2 kali digelar di Timika dan 1 kali di Jakarta.

“Jangan baku bunuh karena politik, jangan korbankan nyawa untuk sebuah kursi kekuasaan. Mari kita membangun yang baik untuk negeri ini. Kita nikmati pesta demokrasi ini dengan hati yang damai dan sukacita, serta dengan cara-cara yang benar dan bertanggung jawab,” tegasnya.

Sementara Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk dalam sambutannya mengatakan bahwa Papua Tengah yang merupakan salah satu provinsi baru di Indonesia, bulan November 2024 mendatang akan menjadi momentum bersejarah dengan diselenggarakannya Pilkada untuk pertama kalinya, yang akan menjadi penentu arah pembangunan provinsi Papua Tengah untuk lima tahun ke depan.

Ribka mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam menyukseskan Pilkada 2024 secara baik dan benar.

“Melalui kegiatan (deklarasi kampanye damai) ini kita dapat memperoleh pengetahuan dan memperkokoh kolaborasi bersama dalam mendukung penyelenggaraan Pilkada serentak 2024,” ujarnya.

Penulis/Editor: Jimmy