SALAM PAPUA (TIMIKA)- Indonesia memang selalu dikenal sebagai Negeri sejuta warna yang selalu menyuguhkan berbagai bentuk keindahan alam dan juga tempat-tempat menarik untuk bisa dikunjungi. Jangan pernah bosan untuk terus menjelajahi berbagai tempat wisata yang tersebar di dalamnya. Salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi adalah dengan pergi ke Papua.

Di sana, anda akan dapat mengunjungi Pantai Marau yang merupakan objek wisata cukup populer dan pastinya akan membuat siapapun yang datang akan merasa kagum dengan keindahan dan kekayaan alamnya.

Pantai ini terletak di Kepulauan Yapen, Desa Marau. Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata keindahan alam yang wajib dikunjungi di Papua.

1. Cocok untuk Menenangkan Diri

Hal ini dikarenakan banyak wisatawan yang tidak mengunjunginya kecuali di tempat-tempat yang jauh dari kota-kota besar. Akses menuju Pantai Marau tidak mudah, bahkan dari pusat keramaian Papua dan terbatasnya angkutan umum yang melintasi desa. Namun demikian, penduduk desa ini sangat ramah dan menyambut wisatawan yang datang dengan baik.

Pantai Papua ini sangat cocok bagi anda yang mencari ketenangan dan terbebas dari kebisingan kota. Banyak wisatawan yang berkunjung dan merasakan sebuah sensasi keunikan tersendiri. Suasana yang Anda dapatkan pun semakin istimewa dan Anda akan senang menikmati keindahan pantai ini yang sangat jernih lengkap dengan pasir putihnya.

2. Pasir Putih dengan Air yang Jernih

Jika Anda mencari akomodasi tepi Pantai Marau, ada banyak hal yang harus dilakukan. Ada beberapa tempat menginap yang nyaman, tetapi harganya juga sangat berbeda. Sebagai desa kecil dengan potensi wisatawan yang tinggi, telah dibangun penginapan di sepanjang pantai untuk memenuhi kebutuhan wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang.

Anda bisa berenang di air laut yang jernih dan dilengkapi dengan pasir putih. Ombak lembut juga merupakan tempat yang bagus untuk snorkeling dan menyelam. Anda juga bisa bermain di pantai berpasir dan menikmati pemandangan yang indah. Suasana unik pastinya akan membuat Anda ingin kembali ke pantai yang satu itu lagi dan lagi.

3. Terdapat Kisah Menarik

Ketika anda datang ke destinasi wisata Pantai Marau, pastinya akan banyak mendengar kisah tragedi yang berkaitan dengan hilangnya hotel Marauw. Namun tidak perlu takut, destinasi wisata yang satu ini tetap aman untuk dikunjungi oleh wisatawan. Sebenarnya, jika anda sudah menemukan sebuah hotel Marauw itu menandakan bahwa lokasi pantai tidak jauh lagi.

4. Pesisir Pantai Dipenuhi Tumbuhan Kelapa

Bagi orang-orang yang tinggal di kota, pastinya menemukan atau bahkan melihat tanaman kelapa. Nah, jika Anda pergi ke tempat ini maka bisa melihat keindahan pohon kelapa yang bergoyang mengikuti irama angin laut yang sangat indah dan keren.

Dengan pohon kelapa yang rindang dan suasana Pantai Marau yang damai, Anda dapat menenangkan pikiran dan jiwa. Jadi jika Anda ingin mencerahkan mata dan merasa nyaman, tempat ini bisa menjadi salah satu surga Anda. anda bisa menikmati sejuknya angin pantai sambil menikmati berbagai jenis cemilan yang dimiliki bersama dengan keluarga. Atau ana juga bisa membawa satu permainan untuk bisa dimainkan ketika berada di pantai kawasan Timur Indonesia satu ini.

5. Pantai Batu Karang

Keunikan lain dari Pantai Marau adalah keadaannya yang masih alami. Pantai ini berbeda dengan pantai lainnya dengan pasir halus berbentuk pantai. Jika Anda berada di pantai ini, Anda pasti senang dengan kondisi pantai dengan bebatuan di sepanjang pantainya. Anda juga bisa menggunakan batu karang ini untuk melihat lautan luas atau bermain di bawah air.

Namun berhati-hatilah, bermain di pantai ini tidak mudah karena tidak seaman pasir. Jika Anda ingin bermain dengan anak-anak Anda di tempat ini, selalu awasi mereka agar tidak berkeliaran sendirian. Oh ya, ada batas yang sangat jelas antara pantai dan laut. Ombak di Pantai ini tidak terlalu besar, namun ada baiknya anak-anak bermain di tempat yang aman.

Untuk menikmati keindahan alam dan hamparan pasir putih Pantai Marau, Anda bisa segera ke Kampung Marau, Distrik Yapen Barat, Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua. Selain pemandangan pantai yang indah, di pantai ini juga terdapat terumbu karang yang indah, sehingga tak heran jika pantai ini ramai dikunjungi.

Anda bisa berenang, snorkeling dan berjemur di pantai ini. Bagi yang tidak pandai berenang, disarankan untuk membawa persiapan berupa pelampung atau lainnya meskipun di pantai ini tidak terdapat ombak kuat.

Jika hanya ingin menikmati kesegaran dan keindahan pemandangan pantai ini, Anda bisa menikmati sepuasnya dengan tiket masuk Rp 0 alias gratis sambil menikmati kesegaran kelapa muda yang dijual oleh pemilik saung.

Hal tersebut dapat terjadi karena pantai yang satu ini belum dikelola dengan baik dan tidak ada fasilitas yang melengkapi. Selain itu, keindahan dari Pantai Marau yang ada di Biak Papua ini juga bisa dikunjungi kapan saja karena dibuka selama 24 jam.

Meskipun demikian, lokasi ini biasanya banyak didatangi oleh para wisatawan ketika pagi hari untuk menikmati keindahan sunrise dan di sore hari melihat ketenangan dari sunset yang memberikan kesan begitu unik dan romantis.

Menikmati Keindahan Pantai Marau

Aktivitas pertama yang bisa dilakukan ketika datang berkunjung ke destinasi wisata alam satu ini yaitu dengan menghabiskan waktu menyaksikan keindahan pantai yang terbentang luas. Dengan jernihnya air laut, bahkan anda bisa melihat dengan jelas terumbu karang yang begitu indah dan menakjubkan dan masih banyak kejutan menarik yang lainnya.

 

 

Saat angin timur mulai bertiup, keanggunan di Pantai Marau diselimuti ombak putih, Dinding batu di arah utara berdiri kokoh dengan warna hitam yang memberi kesan gelap gulita. Batu tersebut terbuat dari sisa lava beku yang saat ini menjadi penghalang pelindung terhadap raungan ombak besar yang berpotensi untuk selalu menghancurkan dinding dinding batu.

Berenang dan Snorkeling

Tidak jauh berbeda dengan jenis pantai lainnya, anda juga bisa melakukan aktivitas berenang di kawasan Pantai Marau. Untuk ombaknya sendiri tidak terlalu besar sehingga relatif aman untuk digunakan berenang. Anda juga bisa melakukan snorkeling dengan menjual segala perlengkapan di lokasi wisata yang disediakan dan disewakan oleh masyarakat lokal Papua.

Mengunjungi Pantai Lainnya

Setelah puas bermain di Pantai satu ini, anda masih berkesempatan untuk menikmati keindahan pantai lainnya yang ada di Biak Papua. Beberapa destinasi wisata alam berupa pantai yang bisa dikunjungi diantaranya Pantai Batu Picah dan Pantai Wari Biak. Pantai tersebut merupakan icon Biak yang sangat indah namun masih jarang dikunjungi wisatawan.

Informasi diatas bisa dijadikan sebagai sumber referensi bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga di Pantai Marau Papua. Jika Anda sedang merencanakan liburan ke Papua, jangan lupa untuk memasukkan pantai ini ke dalam salah satu deretan list perjalanan Anda. kunjungi juga pantai indah lainnya yang masih berdekatan dengan Marau. (Celebes.co)

Editor: Sianturi