SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pengurus Yayasan Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) mengikuti sosialisasi dan simulasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Paket Program Pemberdayaan dan Kemandirian (P3&K), yang digelar di Rimba Papua Hotel (RPH) Timika, tanggal 2-6 September 2024.

Adapun kegiatan ini dibagi pada 2-3 September 2024 diikuti oleh Divisi Pendidikan, 4-5 September 2024 diikuti Divisi Ekonomi, dan tanggal 6 September 2024 diikuti oleh bidang organisasi yang terdiri dari Pembina, Pengawas dan Pengurus.

Wakil Direktur YPMAK bidang Grant Making, Yohan Wambrauw mengatakan bahwa sosialisasi ini dilakukan untuk melanjutkan program SOP P3&K yang telah disahkan dalam rapat Pembina dan telah menghasilkan program Kampung Sehat yang saat ini telah dijalankan Divisi Kesehatan.

“Sebelumnya SOP P3&K ini telah disahkan sehingga perlu ditindaklanjuti dengan program bagi Divisi masing-masing, karena Divisi Kesehatan telah menjalankan program Kampung Sehat,” ujarnya di sela-sela mengikuti sosialisasi bagi Divisi Pendidikan, Senin (2/9/2024).

Ia menjelaskan, pada tahap pertama, SOP P3&K telah disusun dan terdiri dari SOP 1 yaitu Perencanaan, SOP 2 yaitu Penyusunan, SOP 3 yaitu Pengumuman, SOP 4 yaitu Seleksi, SOP 5 yaitu Pelaksanaan, SOP 5 terbagi lagi menjadi 3 bagian yaitu, SOP 5a yakni Pelaksanaan Perjanjian Kerja Sama, SOP 5b yakni Pelaksanaan Pencairan Dana dan SOP 5c yakni Pelaksanaan Monitoring.

“SOP ini sampai 6 bagian dan untuk SOP 6 Penutup juga dibagi menjadi 3 bagian yaitu SOP 6a Evaluasi, SOP 6b Audit dan SOP 6c Penutupan, dan seluruh SOP tersebut sudah dirancang sejak 10 November 2023,” jelasnya.

Ia berharap dengan diadakan sosialisasi ini, SOP P3&K ini dapat menciptakan pilot program bagi Divisi Pendidikan dan Kesehatan YPMAK.

“Dalam sosialisasi ini juga kami mengajak mitra lokal untuk terlibat dalam proses ini sehingga kami berharap mitra lokal yang berjalan saat ini dapat meningkatkan kualitasnya sehingga ke depannya mitra lokal bisa berjalan sendiri,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy