SALAM PAPUA (TIMIKA) - Unit Reskrim Polsek Mimika Baru (Miru) berhasil menangkap dua pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) yang mencuri sepeda motor milik warga di Jalan Poros Mapurujaya dan di Jalan WR Soepratman, tepatnya di lokasi konser Jamrud pada malam launching Pengawasan Pilkada oleh Bawaslu pada 4 September 2024.

Kapolsek Mimika Baru, AKP Jai Limbong mengungkapkan bahwa saat malam launching Pengawasan Pilkada oleh Bawaslu Mimika, salah satu pelaku berinisial KKM memanfaatkan situasi membawa kabur sepeda motor yang pemiliknya asik menonton konser Jamrud. Namun malam itu juga KKM berhasil diamankan, sehingga setelah diinterogasi, KKM menyebutkan ada seorang temannya berinisial DW yang juga pernah melakukan Curas di wilayah Jalan Poros Mapurujaya.

"Pengungkapan dan penangkapan 2 pelaku tindak pidana pencurian yang disertai dengan kekerasan ini didasari atas aduan resmi masyarakat pada tanggal 7 September 2024 lalu. Ada tiga orang pelaku harusnya, tapi untuk 1 orang masih kita cari," ungkap AKP Limbong, Senin (9/9/2024).

Penangkapan kedua pelaku dipimpin langsung oleh Kanit Reskrim Iptu I Ketut Siartika di Jalan Bougenville pada 8 September 2024. Dari dua pelaku ini juga diamankan barang bukti berupa 1 bilah parang dan 1 unit HP dari tangan pelaku yang diduga sebagai alat pendukung pada saat pelaku melakukan aksinya.

Kedua pelaku saat ini telah mendekam di Rutan Polsek Miru dan sedang dilakukan proses penyidikan guna pemenuhan kelengkapan administratif sesuai ketentuan dan prosedural yang berlaku.

Disampaikan, penangkapan dua pelaku Curas ini sebagai respon atas maraknya laporan warga dalam kurun waktu tiga bulan terakhir.

"Kedua pelaku yang berhasil diamankan dijerat dengan pasal 365 ayat 2 KUHPidana dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara," ujarnya.

Sebelumnya, pada akhir Agustus lalu Polsek Mimika Baru juga berhasil menangkap 5 pelaku Curas lainnya di jalan pendidikan dan jalan Cenderawasih lorong MPCC Timika.

"Kami akan terus memburu para pelaku tindak kejahatan khususnya 1 orang pelaku Curas yang sudah kami kantongi identitasnya," tutupnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy