SALAM PAPUA (TIMIKA) - Yohanes M.W. Keiya, siswa SMP Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP) Timika berhasil meraih juara 1 pada Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Sains Matematika se-Kabupaten Mimika yang digelar, Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Mimika, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Mimika dan melombakan bidang olahraga dan juga sains.

“Untuk lomba sains dilakukan pada hari Sabtu 31 Agustus 2024, khusus mata pelajaran IPA dan Matematika untuk tingkat SMP, kemudian pengumuman sudah keluar di Hari Minggu kemarin,” ujar Wakil Kepala SMP SATP Bidang Kurikulum, Sonianto Kuddi saat ditemui di SATP, Senin (9/9/2024).

Ia mengungkapkan, untuk Sains Matematika SATP juara 1 atas nama Yohanes M. W. Keiya, sedangkan untuk sains IPA, SATP meraih juara 5 atas nama Vicky Beanal.

Sebelumnya kata Soni, para siswa sudah mengikuti beberapa pelatihan. Kebetulan SATP sendiri sudah memiliki unit pelaksana tugas (UPT) pusat prestasi.

“Jadi anak-anak kami memang kita sudah persiapkan dari awal dengan membentuk klub-klub. Jadi ada grup IPA, ada klub matematika, klub IPS dan pada satu tahun terakhir secara rutin dan intensif, mengikuti berbagai lomba baik itu online maupun offline,” ungkapnya.

Menurutnya, keikusertaan anak-anak dalam lomba-lomba ini untuk mengasah siswa-siswi, sehingga semakin terasah dan meningkatkan prestasi. Dengan kata lain, melalui berbagai lomba akan meningkatkan kepercayaan diri siswa-siswi.

Kedepan khususnya di bidang akademik lanjutnya, SATP akan terus menjaring dan melakukan pendampingan kepada siswa-siswi yang notabene adalah anak asli Papua. Sehingga kedepannya, mereka bisa terpacu dan menunjukkan potensi baik di tingkat daerah, provinsi, maupun nasional bahkan internasional.

“Harapannya untuk anak-anak yang juara ini menjadi motivasi buat kami guru terutama buat anak-anak dalam mengikuti lomba selanjutnya jadi jangan hanya stop sampai di sini tetapi kita berharap bahwa kedepannya prestasi itu tidak hanya tingkat Kabupaten saja tetapi sampai ke Nasional bahkan Internasional,” harapnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga berharap kepada pemerintah daerah untuk lebih sering mengadakan kegiatan-kegiatan, yang berhubungan dengan peningkatan prestasi peserta didik.

"Kegiatan-kegiatan tersebut akan menjadi wadah bagi putra-putri asli Papua untuk berkompetisi, sesuai dengan bakat dan minat. Dan juga memberikan pengalaman dalam berkompetisi yang dapat meningkatkan prestasi," tutupnya.

Perlu diketahui SATP dikelola oleh Yayasan Pendidikan Lokon (YPL), yang merupakan mitra pendidikan Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia (PTFI).

Penulis: Evita

Editor: Sianturi