SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kurang lebih 150 pengemudi ojek di Kabupaten Mimika, nyatakan sikap mendukung Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati, Alexander Omaleng dan Yusuf Rombe Pasarrin (AIYE) agar menang Pilkada pada 27 November 2024.

Dukungan ini disampaikan Koordinator relawan ojek Timika, Thomas Hehalatu saat tatap muka bersama Paslon AIYE di Jalan Kesehatan, Kelurahan Timika Indah, Rabu (9/10/2024).

"Teman-teman pengemudi ojek harus tahu rencana AIYE adalah rencana kita, tujuan AIYE adalah tujuan kita juga. Jadi, tanggal 27 November jangan salah memilih, tapi kita sama-sama harus pilih AIYE," ucap Thomas di hadapan pengemudi ojek lainnya.

Thomas menyampaikan, sangat bangga dengan visi dan misi AIYE, beberapa  berkomitmen diantaranya, jika terpilih AIYE akan mendaftar seluruh pengemudi ojek menjadi peserta BPJS Kesehatan. Bukan hanya itu, anak sekolah dari pengemudi ojek akan diberikan Kartu Mimika Pintar (KMP).

"Kami sangat senang dengan visi misi AIYE, diantaranya akan memberikan Jamkes untuk seluruh pengemudi ojek, dan membantu pendidikan bagi anak-anak pengemudi ojek. Karena itu, kami dari Komunitas Ojek siap dukung AIYE untuk menang di Pilkada 2024," kata Thomas dalam pertemuan yang dihadiri oleh pengurus seluruh partai pendukung AIYE ini.

Salah satu harapan yang juga disampaikan Thomas ialah, ketika AIYE terpilih, maka harus mendaftarkan Komunitas Ojek ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), sehingga menjadi komunitas yang juga bisa berpartisipasi membangun Mimika.

"Kami minta supaya nanti AIYE bisa mendaftarkan Komunitas kami agar terdaftar di Kesbangpol," ujar Thomas.

Menanggapi hal itu, Calon Wakil Bupati, Yusuf Rombe Pasarrin mengatakan, bahwa jika terpilih, AIYE akan berupaya agar Komunitas Ojek terdaftar di Kesbangpol.

Dirinya juga prihatin dengan pengakuan terkait adanya pengemudi ojek biasa sewa satu sepeda motor untuk mencari penumpang. Oleh karena itu, jika terpilih, maka AIYE akan membantu kredit ringan tanpa bunga, sehingga setiap pengemudi ojek membayar cicilan, maka bunganya akan dibayar melalui dana subsidi AIYE.

"Pengemudi ojek yang kelak akan mendapat bantuan kredit ringan ialah, yang telah terdaftar dalam komunitas yang mana komunitas itu telah terdaftar di Kesbangpol," pungkasnya.

Visi AIYE adalah Mimika MAS (Mandiri, Aman dan Sejahtera). Namun, secara keuangan, Pemkab Mimika sudah mandiri, demikian juga halnya dengan keamanan, sudah terwujud sejak masa jabatan mantan Bupati Eltinus Omaleng, karena memang saat kepemimpinannya Timika tidak pernah terjadi konflik. Untuk Sejahtera, juga secara berlahan telah nampak dalam kepemimpinan Eltinus Omaleng, sehingga AIYE akan melanjutkan hal itu.

Misi AIYE berkaitan dengan kelanjutan pembangunan bidang pendidikan, infrastruktur dan layanan lainnya yang mendorong kesejahteraan rakyat Mimika.

Khusus untuk pengemudi ojek, AIYE akan membantu mengurus  jaminan kesehatan melalui pendaftaran BPJS Kesehatan. Selain itu, untuk pengemudi ojek yang telah memiliki anak sekolah SD, SMP dan SMA, maka ketika AIYE terpilih, maka akan menerbitkan KMP bagi anak sekolah dari semua pengemudi ojek.

"Kalau kami terpilih, kami siap mendaftarkan pengemudi ojek di Mimika sebagai peserta BPJS Kesehatan. Untuk yang punya anak sekolah akan diterbitkan KMP yang bersumber dari dana sharing dan dana Otsus," ujar Calon Wakil Bupati yang lebih kenal dengan panggilan Rombe ini.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi